Pistachio, Kacang Ajaib yang Menyehatkan Mata, dari Mencegah Katarak hingga Melawan Risiko Kebutaan
Kacang Pistachio yang Dapat Menyehatkan Mata, dari Mencegah Katarak hingga Melawan Risiko Kebutaan. (Freepik)
17:06
23 Februari 2024

Pistachio, Kacang Ajaib yang Menyehatkan Mata, dari Mencegah Katarak hingga Melawan Risiko Kebutaan

 - Pistachio merupakan jenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon pistachio (Pistacia vera), yang merupakan anggota dari keluarga sumac. Pohon pistachio umumnya tumbuh di wilayah yang memiliki iklim kering, seperti Timur Tengah, Asia Tengah, dan sebagian wilayah Mediterania.

Umumnya, pistachio memiliki cita rasa kombinasi antara manis dan gurih, dengan sentuhan ringan yang mirip dengan almond atau kacang kenari. Rasanya juga dapat sedikit berbeda tergantung pada cara pengolahannya, seperti diasinkan, atau dipanggang, dan lain-lain.

Pistachio sering kali dijadikan cemilan yang enak dan sehat karena kandungan nutrisinya yang kaya akan lemak sehat, serat, protein, serta sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin B6, thiamin, fosfor, dan tembaga.

Terlepas dari reputasinya sebagai cemilan yang enak, pistachio juga menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan mata. Dengan kandungan nutrisi yang kaya dan beragam, pistachio dapat menjadi tambahan yang berharga dalam upaya Anda untuk menjaga penglihatan yang jernih dan sehat.

Dilansir dari Dr John Goosey pada Jumat (23/2), berikut merupakan 5 manfaat pistachio bagi kesehatan mata.

1. Tinggi Kandungan Karotenoid

Karotenoid adalah sekelompok antioksidan yang ditemukan dalam banyak makanan, termasuk pistachio. Karotenoid sangat efektif untuk melindungi mata terhadap katarak, yang merupakan masalah mata yang sangat umum pada orang tua. Kondisi ini mengganggu penglihatan dengan mengaburkan lensa di dalam mata.

Jika pistachio dikonsumsi, karotenoid yang terkandung di dalamnya akan disimpan di dalam retina. Retina memiliki kecenderungan untuk mengalami kerusakan seiring bertambahnya usia seseorang. Studi telah menunjukkan bahwa mengikuti diet tinggi karotenoid dapat meminimalkan kerusakan yang terjadi pada retina.

2. Mengurangi Risiko Degenerasi Makula Terkait Usia

Degenerasi makula terkait usia adalah penyebab utama kebutaan di Amerika. Antioksidan di dalam pistachio dapat membantu melindungi mata terhadap degenerasi makula dengan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada penglihatan serta pada bagian tubuh lainnya.

3. Melndungi Mata dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Paparan sinar matahari berlebihan dapat merusak mata Anda. Namun, pistachio dapat membantu melindungi mata Anda dari kerusakan matahari. Zeaxanthin, yang merupakan salah satu antioksidan dalam pistachio, dapat membantu melindungi otot dan jaringan mata.

Namun, tetap sangat penting bagi Anda untuk melindungi mata Anda jika Anda akan menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, seperti dengan menggunakan kacamata anti radiasi sinar UV.

4. Tinggi Lemak Sehat

Sebagian besar irang beranggapan bahwa semua jenis lemak dapat merugikan kesehatan. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada jenis lemak yang baik untuk tubuh Anda. Lemak tak jenuh tunggal adalah salah satunya, dan mereka dapat ditemukan dalam pistachio. Lemak jenis ini membantu tubuh dalam menyerap karotenoid, zat yang penting untuk kesehatan mata.

Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi pistachio secara teratur cenderung memiliki tingkat lutein yang lebih tinggi dalam tubuh mereka, yang merupakan salah satu jenis karotenoid yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

5. Sumber Terbaik Vitamin E

Kekurangan vitamin E akan berdampak negatif pada kesehatan mata Anda. Namun, dengan asupan pistachio yang cukup, vitamin E dapat membantu mengurangi risiko masalah penglihatan, seperti degenerasi makula terkait usia, katarak, dan kondisi lainnya.

Selain itu, vitamin E dapat membantu mengurangi risiko retinopati diabetik, gangguan penglihatan yang sering terjadi pada penderita diabetes. Selain itu, hasil studi menunjukkan bahwa vitamin E dapat mengurangi risiko katarak hingga 14 persen.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pistachio #kacang #ajaib #yang #menyehatkan #mata #dari #mencegah #katarak #hingga #melawan #risiko #kebutaan

KOMENTAR