Dokter Ungkap Kekurangan Vitamin K Ternyata Berpotensi Memengaruhi Siklus Haid
ilustrasi jadwal menstruasi. Sumber foto: Freepik
10:10
23 Pebruari 2024

Dokter Ungkap Kekurangan Vitamin K Ternyata Berpotensi Memengaruhi Siklus Haid

Perdarahan menstruasi yang banyak atau menorrhagia bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti ketidakseimbangan hormon, fibroid rahim, atau kondisi medis tertentu misal gangguan tiroid atau gangguan pendarahan.

Terkadang stres atau penambahan berat badan dan penurunan berat badan juga berperan dalam memengaruhi siklus menstruasi termasuk kekurangan vitamin K.

Vitamin K berperan dalam pembekuan darah dan kekurangan vitamin ini berpotensi memengaruhi perdarahan haid, kata dokter kandungan dan ginekolog Pooja C. Thukral, dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Jumat (23/2).

Namun, penting untuk diketahui bahwa kekurangan vitamin K tidak terlalu umum terjadi. Jika seseorang merasa kekurangan vitamin K berdampak pada siklus haid, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter guna menentukan penyebab ketidakteraturan menstruasi dan merekomendasikan intervensi yang diperlukan.

Berikut beberapa sumber makanan vitamin K yang dapat dimasukkan ke dalam menu makanan untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan:

Sayuran berdaun hijau

Sertakan berbagai sayuran berdaun hijau dalam salad, tumis, atau smoothie. Pilihan seperti kangkung, bayam, dan sawi merupakan sumber vitamin K yang sangat baik.

Sayuran kucifer

Siapkan hidangan yang mengandung sayuran silangan seperti brokoli dan kubis. Ini bisa dipanggang, dikukus, atau ditumis sebagai lauk atau komponen utama makanan.

Salad

Buat salad kaya nutrisi dengan campuran sayuran berdaun hijau gelap, tomat, timun, dan sayuran berwarna lainnya. Taburi dengan saus yang terbuat dari minyak zaitun untuk menambah vitamin K, saran sang ahli.

Herbal

Rempah segar seperti peterseli, daun ketumbar, dan basil tidak hanya memberi rasa, tetapi juga berkontribusi pada asupan vitamin K dengan menambahkannya ke salad maupun sup.

Ikan dan daging

Sertakan ikan seperti salmon dan tuna karena mengandung vitamin K bersama dengan nutrisi penting lainnya. Makanlah telur, daging tanpa lemak, dan unggas untuk menambahkan vitamin K ke dalam makanan.

Meskipun vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah, mengatasi perdarahan haid melibatkan banyak faktor. Mengelola perdarahan menstruasi dengan mengatasi penyebab yang mendasari dan menerapkan perubahan gaya hidup.

Berikut beberapa strategi umum yang dapat membantu mengatasi menstruasi berat:

1. Evaluasi medis

Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab yang mendasari perdarahan haid yang banyak. Ini mungkin melibatkan tes darah atau prosedur diagnostik lainnya.

2. Pengobatan

Tergantung pada penyebabnya, penyedia layanan kesehatan mungkin meresepkan obat-obatan seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), kontrasepsi hormonal atau obat lain untuk membantu mengatur perdarahan haid.

3. Suplemen zat besi

Pendarahan hebat dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Jika diperlukan, dokter mungkin merekomendasikan suplemen zat besi untuk menjaga kadar zat besi yang sehat.

4. Perubahan gaya hidup

Menerapkan gaya hidup sehat dapat berdampak positif pada kesehatan menstruasi. Hal ini termasuk menjaga pola makan seimbang, olahraga teratur, dan mengelola stres.

5. Hidrasi

Tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan termasuk kesehatan menstruasi. Minumlah air dalam jumlah yang cukup sepanjang hari.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #dokter #ungkap #kekurangan #vitamin #ternyata #berpotensi #memengaruhi #siklus #haid

KOMENTAR