Berapa Banyak Takaran Susu yang Dibutuhkan oleh Anak-Anak dan Orang Dewasa? Berikut Penjelasan Beberapa Ahli
Ilustrasi susu sapi (freepik.com)
18:18
21 Februari 2024

Berapa Banyak Takaran Susu yang Dibutuhkan oleh Anak-Anak dan Orang Dewasa? Berikut Penjelasan Beberapa Ahli

 

Selama beberapa dekade, susu sapi memiliki peran penting untuk kesehatan tulang dan membantu pertumbuhan pada anak.

Namun, hal tersebut menimbulkan pertanyaan, apakah susu sapi benar-benar penting untuk pertumbuhan anak? 

Haruskah orang dewasa juga minum susu untuk mendapatkan tulang yang kuat? Berapa banyak susu yang sebenarnya dibutuhkan oleh anak-anak dan orang dewasa?

Beberapa ahli menjelaskan peran produk susu dalam pertumbuhan tulang dan dampak kesehatan terhadap tubuh. 

Dilansir dari washingtonpost.com, Rabu (21/2), para ahli setuju bahwa susu merupakan minuman yang memiliki nutrisi, dari pada kebanyakan minuman lainya, yang diberikan kepada anak.

Namun para ahli mengatakan bahwa susu tidak begitu penting bagi kesehatan secara keseluruhan seperti yang diyakini banyak orang. 

Bagi orang dewasa atau anak-anak yang tidak menyukai susu atau memiliki intoleransi terhadap susu, menghilangkan produk susu dari pola makan yang sehat dan bervariasi kemungkinan besar tidak akan menyebabkan masalah kesehatan. 

Berapa banyak susu yang dibutuhkan oleh anak-anak?

Kemudian ditambahkan dari houstonfoodbank.org, jumlah susu yang disarankan untuk diminum anak setiap hari didasarkan pada usia anak. 

Penting juga untuk diingat, bahwa minuman apapun yang ditawarkan kepada seorang anak dalam 5 tahun pertama kehidupannya, akan mempengaruhi preferensi rasa seumur hidupnya.

Susu penting dalam makanan kita karena menyediakan kalsium, vitamin D, vitamin A, dan protein. Hal ini sangat penting bagi anak-anak karena semua nutrisi ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. 

Kandungan lemak pada susu diperlukan untuk pertumbuhan otak dan perkembangan saraf. Oleh karena itu, anak hingga usia 2 tahun sebaiknya minum susu murni.

Selain itu, anak di atas usia 2 tahun, boleh minum susu dua persen atau susu rendah lemak satu persen.

Perlu diingat bahwa penting untuk periksa label fakta gizi pada berbagai merek susu  yang mengandung tambahan kalsium dan vitamin D, tanpa tambahan gula.

Selain itu, sebaiknya orang tua berkonsultasi dengan ahli alergi atau ahli diet, jika dicurigai adanya alergi susu pada anak. Hal tersebut untuk membantu mereka membuat pilihan terbaik untuk anak.

Berapa banyak susu yang dibutuhkan oleh orang dewasa?

Dilansir dari a2milk.com, pria dan wanita sebaiknya mengonsumsi tiga gelas susu setiap hari dengan takaran 8 ons atau setara dengan 237 mililiter, baik berupa susu maupun yogurt.

Selain itu, juga dapat digantikan dengan keju, di mana dalam setengah ons keju keras, setara dengan satu cangkir susu dalam hal nutrisi. 

Oleh karena itu, penting untuk diketahui bahwa, setiap orang akan berbeda-beda kondisi saat minum susu. Setidaknya, untuk mengambil nutrisi dari susu, dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada tenaga profesional. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #berapa #banyak #takaran #susu #yang #dibutuhkan #oleh #anak #anak #orang #dewasa #berikut #penjelasan #beberapa #ahli

KOMENTAR