5 Bagian Ayam yang Tak Baik untuk Dikonsumsi, Salah Satunya Favorit Banyak Orang
Ini 5 Bagian Ayam yang Tak Baik untuk Dikonsumsi./Freepik
17:42
21 Pebruari 2024

5 Bagian Ayam yang Tak Baik untuk Dikonsumsi, Salah Satunya Favorit Banyak Orang

 

 - Ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang populer dan umum dikonsumsi di seluruh dunia.

Daging ayam yang kaya akan protein, menjadi nutrisi penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh.

Selain itu, ayam juga mengandung berbagai nutrisi penting, seperti lemak, vitamin A, B1, B2, E, asam, kalsium, fosfor, zat besi yang dapat membantu tubuh untuk memenuhi nutrisi. 

Rasa daging ayam yang lezat dan teksturnya yang mudah diolah dalam berbagai jenis masakan, tak heran jika ayam menjadi favorit banyak orang.

Meski begitu, penting untuk diingat bahwa tidak semua bagian ayam baik untuk kesehatan, misalnya bagian-bagian tertentu yang mengandung tinggi kolesterol, dan lain-lain.

Selain itu, ada risiko terkait dengan residu obat-obatan atau hormon yang mungkin terdapat dalam beberapa bagian ayam.

Meskipun ayam sering dianggap sebagai pilihan daging yang sehat dan bergizi, tidak semua bagian dari ayam tersebut baik untuk kesehatan.

Sebagian orang mungkin mengonsumsi bagian-bagian tertentu dari ayam tanpa menyadari potensi dampak negatifnya terhadap kesehatan.



Dilansir dari Vietnam.Vn pada Rabu (21/2), Dr. Nguyen Duy Thinh, Profesor Asosiasi di Institut Teknologi Pangan, Universitas Sains dan Teknologi Hanoi mengungkapkan bahwa 6 bagian ayam ini yang sebaiknya dikonsumsi dengan hati-hati atau bahkan dihindari sama sekali karena dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan tertentu.

1. Paru-paru ayam

Paru-paru ayam mengandung banyak parasit dan bakteri, bahkan saat dimasak pada suhu tinggi. Ketika Anda memakannya, tubuh Anda akan merasa tidak nyaman dan gelisah.

Karena bagian ini merupakan bagian dari sistem pernapasan ayam, di dalamnya terdapat banyak toksin dan bakteri penyebab penyakit, tergantung pada kondisi lingkungan mereka.

Oleh karena itu, lebih baik menghindari untuk mengonsumsi bagian ini untuk mencegah risiko kesehatan yang buruk.



2. Croup atau lebih dikenal sebagai brutu

Semua orang tahu bahwa croup ayam merupakan bagian yang berguna untuk mengeluarkan kotoran yang berasal dari sisa-sisa makanan.

Tentu saja, bagian ini memiliki banyak parasit dan bakteri. Anda sebaiknya mengonsumsinya lebih sedikit atau menghindarinya sama sekali.

3. Kepala Ayam

Seringkali, kotoran menumpuk di area kepala ayam akibat makanan yang dikonsumsinya. Sehingga bagian tersebut tentunya menyimpan banyak bakteri dan parasit yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Meskipun mengonsumsinya sekali atau dua kali tidak akan memberikan efek yang signifikan, namun jika Anda terlalu sering mengonsumsi kepala ayam, kemungkinan zat beracun tersebut akan masuk ke dalam tubuh Anda dan dapat menyebabkan efek negatif pada kesehatan.



4. Kulit ayam

Banyak orang berpikir bahwa mengonsumsi kulit ayam dapat membuat kulit lebih bagus karena kaya akan kolagen.

Faktanya, menurut para ahli, kandungan kolagen dalam kulit ayam sangat sedikit dan sebaiknya dihindari karena bagian ini paling banyak mengandung lemak jenuh dan kalori yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan.

5. Leher Ayam

Meskipun lezat dan mengandung banyak kulit, leher ayam adalah tempat di mana banyak kelenjar getah bening terkumpul, sehingga, jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu akan menyebabkan racun bagi tubuh.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #bagian #ayam #yang #baik #untuk #dikonsumsi #salah #satunya #favorit #banyak #orang

KOMENTAR