Ketahui 6 Penyebab Bau Mulut Meski Sudah Rajin Menggosok Gigi, Simak Penjelasannya
Bau mulut mengganggu (freepik.com/stockking)
11:20
16 Februari 2024

Ketahui 6 Penyebab Bau Mulut Meski Sudah Rajin Menggosok Gigi, Simak Penjelasannya

 

 

 - Pernahkan anda mengalami bau mulut, meskipun sudah rajin menggosok gigi?. Bau mulut, meski sudah menggosok gigi merupakan kondisi di mana individu masih mengeluarkan aroma tidak sedap dari mulutnya, meskipun telah melakukan kebiasaan menggosok gigi secara teratur.

Saat menggosok gigi, anda membantu mencegah penumpukan bakteri dari sisa-sisa makanan yang bisa menempel di gigi atau gusi Anda. Bakteri ini bisa menghasilkan senyawa belerang yang menyebabkan bau mulut, terutama jika tidak dibersihkan dengan baik.

Namun, menggosok gigi tidak selalu cukup untuk menghilangkan bau mulut. Jika penyebab bau mulut tidak berasal dari mulut anda atau terkait dengan kondisi mulut yang kering, menggosok gigi saja mungkin tidak akan cukup untuk menghilangkan bau mulut.

Oleh karena itu, meskipun rajin menggosok gigi, penting untuk memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat berkontribusi pada bau mulut, sehingga, Anda dapat mengatasinya secara efektif.

Dilansir dari Healthline, pada Jumat (16/2), berikut merupakan faktor-faktor penyebab bau mulut meskipun Anda rajin menggosok gigi secara rutin.

1. Karies gigi dan penyakit gusi
Bakteri yang menyebabkan bau mulut dapat bersembunyi di karies gigi Anda. Dengan begitu, sulit untuk membersihkan bakteri ketika Anda menggosok gigi karena bakteri tersebut bersembunyi di tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau dengan sikat gigi.

2. Mulut kering
Air liur memiliki banyak peran penting, seperti membersihkan sisa-sisa makanan dari mulut dan menjaga mulut tetap lembab. Namun, jika kelenjar air liur tidak menghasilkan cukup air liur, ini bisa menyebabkan mulut kering, yang memungkinkan bakteri berkembang biak lebih banyak di gigi dan menyebabkan bau mulut.

3. Penyakit refluks gastroesofageal (GERD)
Penyakit GERD merupakan kondisi pencernaan yang menyebabkan makanan dan asam lambung dari lambung anda kembali naik ke kerongkongan. Ini bisa menyebabkan makanan yang tidak dicerna dengan baik dan asam lambung keluar kembali, yang bisa menyebabkan bau mulut. Selain itu, GERD juga bisa membuat anda merasa sakit pada bagian perut (maag) dan memiliki rasa pahit atau asam di mulut.

4. Mengidap penyakit tertentu
Beberapa kondisi kesehatan juga bisa berkontribusi pada bau mulut, seperti diabetes, gangguan ginjal atau hati, tukak lambung, atau sumbatan usus. Pasalnya, individu yang mengalami penyakit tersebut dapat mengalami perubahan kimia dalam aliran darah atau perubahan tingkat bakteri dalam tubuh.

Ketika Anda mengonsumsi makanan dengan aroma yang menyengat, sari-sari atau minyak makanan tersebut masuk ke aliran darah Anda di mana mereka masuk ke paru-paru, sehingga Anda mengeluarkan napas dengan aroma yang tak sedap.



5. Postnasal drip
Postnasal drip (lendir yang menetes dari bagian belakang hidung ke tenggorokan) juga dapat berkontribusi pada bau mulut. Lendir dapat menarik bakteri, yang pada gilirannya, dapat menciptakan bau yang menyebabkan napas Anda berbau tidak sedap.

6. Merokok
Merokok dapat menyebabkan napas Anda berbau tidak sedap akibat asap tembakau yang menetap di napas Anda. Merokok juga dapat membuat mulut menjadi kering dan meningkatkan risiko Anda untuk mengembangkan penyakit gusi. Baik mulut kering maupun penyakit gusi dapat berkontribusi pada bau mulut.

Editor: Kuswandi

Tag:  #ketahui #penyebab #mulut #meski #sudah #rajin #menggosok #gigi #simak #penjelasannya

KOMENTAR