Suka Konsumsi Makanan Pedas Ternyata Baik Bagi Tubuh, Salah Satunya untuk Mempercepat Metabolisme
Ilustrasi makanan pedas (pixabay)
14:45
18 Oktober 2024

Suka Konsumsi Makanan Pedas Ternyata Baik Bagi Tubuh, Salah Satunya untuk Mempercepat Metabolisme

 

Makanan pedas memiliki daya tarik tersendiri bagi beberapa orang.

Namun terlepas dari preferensi setiap orang, ada banyak alasan ilmiah untuk mempertimbangkan makanan pedas dalam pola makan sehari-hari Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa rempah-rempah seperti kayu manis, kunyit, bawang putih, jahe, dan jintan, serta cabai, memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dilansir dari laman Healthline, Jumat (18/10), berikut adalah lima alasan kuat mengapa Anda sebaiknya menambahkan sedikit pedas dalam makanan Anda.

1. Makanan Pedas Memiliki Manfaat untuk Umur Panjang

Mengonsumsi makanan pedas enam atau tujuh hari seminggu, bahkan hanya sekali sehari dapat menurunkan angka kematian hingga 14 persen, menurut studi besar yang dilakukan oleh Harvard dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nasional China pada tahun 2015. (Sayangnya, manfaat ini lebih besar jika Anda menghindari margarita atau Corona saat menikmati taco pedas.)

2. Makanan Pedas Mempercepat Metabolisme

Data dari berbagai studi menunjukkan bahwa beberapa rempah — seperti jintan, kayu manis, kunyit, cabai, dan cabai rawit — dapat meningkatkan laju metabolisme istirahat dan memperlambat nafsu makan. Satu studi juga menemukan bahwa kunyit dapat menghambat pertumbuhan jaringan lemak pada tikus.

Dampaknya mungkin ringan, jadi menaburkan kayu manis di atas roti Anda mungkin tidak akan membantu penurunan berat badan. Namun, jika Anda sudah mencapai plateau dalam perjalanan penurunan berat badan, menambahkan bumbu mungkin bisa menjadi solusi yang layak dicoba.

3. Rempah-Rempah Melawan Peradangan

Kurkumin, senyawa dalam kunyit, mungkin dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Dalam pengobatan Ayurvedic, sifat anti-inflamasi jahe dan bawang putih telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi, seperti arthritis, gangguan autoimun, dan bahkan sakit kepala serta mual.

4. Rempah-Rempah Dapat Membantu Melawan Sel Kanker

Capsaicin, komponen aktif dalam cabai, telah terbukti memperlambat dan menghancurkan sel kanker. Sebuah studi UCLA menemukan bahwa capsaicin menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus tanpa merusak sel-sel sehat.

5. Rempah-Rempah Membantu Membunuh Bakteri

Jintan dan kunyit telah terbukti memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang kuat. Ini berarti mereka dapat digunakan melawan bakteri berbahaya dalam tubuh.

Tak peduli apakah Anda lebih suka rasa manis atau gurih, rempah-rempah dapat dimasukkan ke dalam diet apa pun. Hasilnya adalah tambahan yang memuaskan dan sehat. Rempah-rempah juga dapat meningkatkan dua bahan kimia yang memberikan perasaan baik dalam tubuh  seperti endorfin dan dopamin. 

Hal tersebut menjelaskan mengapa Anda merasa ketagihan makanan pedas. Selain itu, rempah-rempah dapat membantu Anda mengurangi jumlah lemak tidak sehat dan gula yang terlalu mudah ditambahkan sebagai perbaikan cepat untuk rasa.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #suka #konsumsi #makanan #pedas #ternyata #baik #bagi #tubuh #salah #satunya #untuk #mempercepat #metabolisme

KOMENTAR