Pahami Letaknya! Kemunculan Jerawat pada Wajah Bukan Sekadar Masalah Kecantikan, Melainkan Indikasi dari Gangguan Organ Tubuh
Ilustrasi jerawat yang terasa gatal di wajah. (freepik/ steklo)
22:05
17 Oktober 2024

Pahami Letaknya! Kemunculan Jerawat pada Wajah Bukan Sekadar Masalah Kecantikan, Melainkan Indikasi dari Gangguan Organ Tubuh

 

 – Jerawat adalah masalah kulit yang cukup mengganggu, bagi setiap orang yang mengalaminya. Apalagi, jerawat bukan hanya merusak penampilan, tetapi juga memberikan rasa nyeri dan linu pada bagian wajah. Sebagai contoh, jerawat di pelipis bisa memicu sakit kepala.

Oleh sebab itu, tak jarang orang yang mengalami jerawat (jerawatan) berupaya menyembuhkan masalah kulit ini dengan berbagai obat-obatan kulit luar hingga obat-obatan dalam. Akan tetapi, ada juga yang menganggap jerawat sebagai perkara sepele, bukan penyakit serius pada kulit seperti kusta atau exim.

Meski jerawat memberikan dampak nyeri dan linu terhadap wajah dan area lainnya, kerap kali orang menganggap jerawat bukan sebagai penyakit serius. Tak jarang, jerawat hanya dianggap sebagai masalah kelalaian dalam menjaga kebersihan diri, khususnya wajah.

Sedikit yang menyadari bahwa jerawat secara medis adalah tanda atau peringatan tubuh bahwa adanya gangguan secara internis pada manusia. Seringkali kulit kita berfungsi sebagai cermin yang menampilkan kesehatan tubuh kita, dikutip dari timesofindia.com, pada Kamis, (17/10).

Jerawat pada wajah bukan sekadar gangguan kosmetika belaka, melainkan memberikan sinyal tentang kesehatan tubuh manusia secara menyeluruh. Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM) telah lama menggunakan praktik pemetaan wajah atau mien shiang untuk menghubungkan area wajah dengan berbagai organ tubuh.

Meskipun dunia medis Barat terbelah dua dalam memandang keakuratan dari metode tradisional ini, metode ini telah bertahan selama lebih dari 3.000 tahun. Tradisi medis tradisional yang panjang ini menunjukkan bahwa mungkin ada lebih banyak isyarat wajah yang terlihat. Melansir timesofindia, pada Kamis, (17/10), berikut ini adalah definisi bagaimana lokasi jerawat di wajah dapat mengindikasikan masalah kesehatan pada tubuh kita secara internis:

Jerawat di Dahi

Menurut TCM, jerawat di dahi terhubung erat dengan sistem pencernaan. Kalau kita sering melihat jerawat di area ini, menandakan adanya masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar atau pola makan yang buruk. Selain itu, jerawat di dahi juga menandakan bahwa kita stres dan kurang tidur. Ketidakseimbangan dalam saluran pencernaan dapat bermanifestasi sebagai masalah kulit di wilayah ini.

Jerawat di Pelipis

Jerawat di pelipis berhubungan dengan masalah ginjal dan kandung kemih. Jerawat di titik ini dapat menyoroti infeksi atau peradangan dalam organ-organ ini. Sejumlah peneliti berpendapat bahwa korelasi antara fungsi ginjal dan jerawat di pelipis tidak sepenuhnya terbukti. Dipercaya bahwa ketika organ-organ ini berjuang, mungkin karena dehidrasi atau infeksi, kulit di pelipis meresponnya dengan jerawat.

Jerawat di antara Alis

Jerawat pada area ini berhubungan dengan hati, organ tubuh yang berperan untuk detoksifikasi. Jerawat di sini mungkin menunjukkan bahwa hati kita sedang mengalami tekanan, mungkin dari racun dalam makanan kita atau dari stres sentimen. Meskipun dunia medis modern tak sepenuhnya mendukung teori tersebut, praktisi TCM telah lama mengamati bahwa ketika hati mengalami kelebihan beban baik oleh alkohol, makanan berlemak atau racun, titik ini dapat menjadi lokasi munculnya jerawat.

Jerawat di bawah Mata

Ini menunjukkan adanya tingkat hidrasi dan stres. Kulit di bawah mata kerap dikaitkan dengan tingkat hidrasi tubuh dan stres. Lingkaran hitam, bengkak, atau bahkan jerawat di daerah ini mungkin merupakan cara tubuh kita untuk menandakan bahwa kita tidak mendapatkan cukup air atau sedang mengalami stres yang signifikan.

Jerawat di Hidung

Jerawat pada hidung menandakan adanya masalah pada kesehatan jantung. TCM membagi dua bagian hidung: sisi kiri hidung berhubungan dengan sisi kiri jantung, sedangkan sisi kanan hidung berkaitan dengan sisi kanan jantung. Kemerahan, komedo, atau berminyak di area ini mungkin merupakan indikasi masalah tekanan darah atau ketidakseimbangan kolesterol.

Jerawat di Pipi

Jerawat di pipi berhubungan dengan masalah pernapasan dan pencernaan. Jerawat di area ini berhubungan dengan perut, organ limpa dan sistem pernapasan dalam ilmu medis Tiongkok. Sebagai contoh, kemerahan di pipi dapat mengindikasikan radang perut, sementara jerawat dapat menunjukkan masalah pernapasan seperti alergi atau infeksi sinus.

Jerawat di Dagu dan Garis Rahang

Jerawat pada titik ini menunjukkan adanya ketidakseimbangan hormon. Dagu dan rahang berhubungan erat dengan reproduksi dan sistem hormon. Fluktuasi hormon selama menstruasi atau periode stres yang tinggi dapat menyebabkan jerawat di wilayah ini.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pahami #letaknya #kemunculan #jerawat #pada #wajah #bukan #sekadar #masalah #kecantikan #melainkan #indikasi #dari #gangguan #organ #tubuh

KOMENTAR