Genomic Center Ini Jadi Pusat Edukasi Pemeriksaan Gen, Penanganan Pasien Jadi Terpersonalisasi  
Brawijaya Healthcare Group (Brawijaya Hospital & Clinic) menjalin kerjasama dengan PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) dalam penyediaan pusat edukasi terkait pemeriksaan khusus, terutama pemeriksaan genomik. 
16:20
9 Februari 2024

Genomic Center Ini Jadi Pusat Edukasi Pemeriksaan Gen, Penanganan Pasien Jadi Terpersonalisasi  

- Brawijaya Healthcare Group (Brawijaya Hospital & Clinic) menjalin kerjasama dengan PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) dalam penyediaan pusat edukasi terkait pemeriksaan khusus, terutama pemeriksaan genomik.

Hal itu diwujudkan melalui peresmian Brawijaya Genomic Center yang menjadi komitmen kedua pihak dalam meningkatkan mutu pelayanan dan kelengkapan pemeriksaan penunjang personalized medicine bagi masyarakat.

Lewat layanan ini, analisis pemeriksaan genomik disebut akan dilakukan hingga memperoleh hasil yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola kesehatan berdasarkan profil genomik masing-masing individu.

Melalui kerja sama ini, kini tersedia layanan konsultasi pra dan pasca pemeriksaan genomik, mulai dari skrining terkait risiko penyakit, upaya pencegahan, diagnosis, dan pengobatan yang tepat kepada pasien.

Untuk memperkenalkan layanan pemeriksaan genomik ini,  dilakukan serangkaian acara meliputi seremonial hingga presentasi ilmiah dari para ahli dalam bidang genomik.

Berlokasi di Brawijaya Hospital Saharjo, Selasa (6/2/2024), Prof dr Nugroho Kampono SpOG, Subs.Sp.Onk menjadi narasumber dengan tema “One Stop Service for Oncology Testing” dan dr. Ida Gunawan, MS, Sp.GK, Subsp. KM, FINEM membahas mengenai “Discover Your Truly Self”.

Peresmian Brawijaya Genomic Center in collaboration with Prodia ini, dihadiri oleh Dr. dr. Chamim, Sp.OG, Subs. Sp. Onk (Direktur Utama Brawijaya Hospital Saharjo), Ibu Amira Ganis (Presiden Direktur Brawijaya Healthcare Group) dan jajaran direksi Brawijaya Healthcare Group. Peresmian ini turut
dihadiri juga oleh DR. Dewi Muliaty, M.Si., DR. Indriyanti RS, M.Si., Indri Wulandari, S.E.,M.M., dan Siti Nurhidayati, M.M. sebagai perwakilan Prodia.

“Realisasi peresmian Brawijaya Genomic Center merupakan pencapaian besar yang sudah menjadi cita-cita besar para founder, kata dr Chamim dalam sambutannya.

Dia menambahkan, per 1 Februari 2024, layanan Genomic Center yang berada di Brawijaya Hospital Saharjo ini dapat diakses oleh masyarakat luas dan memberikan layanan konsultasi sebelum dan sesudah pemeriksaan genomik.

Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty mengatakan kerja sama ini merupakan momentum bagi kedua pihak yang memiliki tujuan serupa dalam berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat.

Kami menyadari bahwa akses terhadap informasi layanan kesehatan masih menjadi salah satu tantangan.

Oleh karenanya, pendekatan melalui Genomic Center seperti ini menjadi harapan kami untuk dapat menjawab kebutuhan pasien dan dokter. Dengan sumber daya medis yang kompeten yang dikolaborasikan dengan fasilitas Brawijaya Hospital Saharjo yang lengkap dan modern, memungkinkan semakin menjangkau lebih banyak masyarakat untuk dapat merasakan manfaat pengobatan yang dipersonalisasi”.

Kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan kelengkapan pemeriksaan genomik dan esoterik, serta memberikan akses terhadap informasi kesehatan yang dapat dijangkau lebih dekat oleh dokter dan masyarakat umum.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #genomic #center #jadi #pusat #edukasi #pemeriksaan #penanganan #pasien #jadi #terpersonalisasi

KOMENTAR