Tak Semua Orang Bisa Konsumsi Serai, Berikut Golongan Orang yang Disarankan Tak Mengonsumsi Serai
Serai yang termasuk tanaman herbal. (Istimewa)
12:54
15 Oktober 2024

Tak Semua Orang Bisa Konsumsi Serai, Berikut Golongan Orang yang Disarankan Tak Mengonsumsi Serai

– Selain menjadi bumbu rempah, serai dikenal sebagai tanaman yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Biasanya manfaat serai bisa didapatkan dengan mengonsumsinya dalam bentuk air rebusan maupun ekstrak minyak esensialnya.

Namun, ternyata ada beberapa kelompok orang yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya. Siapa sajakah mereka? Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa orang yang lebih baik menghindari mengonsumsi serai.

1. Orang yang Alergi pada Serai

Sudah jelas, orang yang memiliki alergi pada serai sebaiknya menghindari konsumsi tanaman herbal tersebut. Pasalnya ketika mengonsumsi serai akan memicu gejala reaksi alergi seperti timbul ruam, gatal, jantung berdebar, dan sesak napas.

2. Orang yang Memiliki Kulit Sensitif

Orang yang cenderung memiliki kulit sensitif juga beresiko mengalami masalah kulit ketika mengonsumsi serai. Pasalnya, kandungan dalam minyak esensial pada serai dapat memicu reaksi gatal dan ruam.

3. Perempuan Hamil

Kandungan yang terdapat pada serai dipercaya dapat merangsang rahim berkontraksi sehingga menyebabkan keguguran. Hal ini mengapa perempuan yang sedang hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi serai.

4. Orang yang Memiliki Gangguan Jantung

Serai juga dipercaya dapat menimbulkan dampak buruk pada jantung. Adanya kandungan geraniol mampu menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

5. Orang dengan Gangguan Hati

Kandungan minyak atsiri yang ada pada serai sangat tinggi sehingga dapat merusak hati. Maka dari itu, orang yang memiliki gangguan hati sebaiknya tidak mengonsumsi tanaman herbal ini.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #semua #orang #bisa #konsumsi #serai #berikut #golongan #orang #yang #disarankan #mengonsumsi #serai

KOMENTAR