Ketahui 5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan, Penelitian Ungkap Kaitan Makanan dengan Kinerja Otak
Ketahui 5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan, Penelitian Ungkap Kaitan Makanan dengan Kinerja Otak. (Freepik)
18:22
6 Pebruari 2024

Ketahui 5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan, Penelitian Ungkap Kaitan Makanan dengan Kinerja Otak

 - Dalam era yang semakin kompleks, kecerdasan menjadi salah satu aset berharga yang dapat membantu individu menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan.

Selain dari belajar dan latihan mental secara rutin, makanan juga memegang peran penting dalam membentuk dan memelihara kecerdasan otak.

Tidak hanya menyediakan energi untuk otak, beberapa makanan juga telah terbukti memiliki kemampuan khusus dalam meningkatkan fungsi dan kinerja otak, meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kejelasan pikiran.

Berikut merupakan lima jenis makanan yang tidak hanya lezat, tetapi juga mampu memberikan dorongan ekstra untuk meningkatkan kecerdasan dan kinerja otak secara alami.

Dilansir dari Harvard Health Publishing pada Selasa (6/2), penelitian ilmiah menunjukkan bahwa makanan yang paling bermanfaat bagi kesehatan otak juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Makanan-makanan tersebut diantaranya sebagai berikut.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau ini meliputi kale, bayam, collard, dan brokoli yang memiliki kandungan nutrisi yang melimpah seperti vitamin K, lutein, folat, dan beta karoten yang sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Berdasarkan penelitian, makanan-makanan berbasis tanaman ini telah terbukti dapat membantu memperlambat penurunan kognitif.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3, merupakan jenis lemak sehat yang penting untuk kesehatan otak. Pilihlah varietas ikan seperti salmon, cod, tuna kalengan ringan, dan pollack.

Bagi yang tidak menyukai ikan atau terdapat alergi, konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan suplemen omega-3. Alternatifnya, anda dapat memilih sumber omega-3 dari daratan, seperti biji rami, alpukat, dan kenari.

3. Buah-buahan berry

Buah-buahan berry merupakan buah yang kaya akan flavonoid. Menurut penelitian, flavonoid merupakan pigmen alami yang memberikan warna cerah pada buah yang telah terbukti memiliki efek positif terhadap daya ingat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Brigham and Women's Hospital Harvard menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi dua atau lebih porsi stroberi dan blueberi setiap minggu akan mengalami penundaan dalam penurunan daya ingat hingga dua setengah tahun.

4. Teh dan kopi

Teh dan kopi memiliki kandungan kafein yang memberikan manfaat lebih dari sekadar peningkatan konsentrasi dalam jangka pendek. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam The Journal of Nutrition, peserta yang mengonsumsi kafein dalam jumlah yang lebih tinggi menunjukkan peningkatan skor dalam tes fungsi mental.

Selain itu, hasil penelitian lain menyarankan bahwa kafein juga dapat berperan dalam memperkuat kemampuan memori baru. Sebagai contoh, peneliti di Universitas Johns Hopkins melakukan percobaan di mana peserta diminta untuk mempelajari serangkaian gambar dan kemudian diberi plasebo atau tablet kafein sebanyak 200 miligram.

Hasilnya menunjukkan bahwa anggota kelompok yang mengonsumsi kafein lebih mampu mengenali gambar-gambar tersebut pada hari berikutnya.

5. Kenari

Kenari merupakan salah satu jenis kacang-kacangan. Kenari tidak hanya menjadi sumber yang kaya akan protein dan lemak sehat, tetapi juga telah diidentifikasi dalam penelitian sebagai makanan yang dapat meningkatkan daya ingat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh UCLA pada tahun 2015 menghubungkan konsumsi kenari yang lebih tinggi dengan peningkatan skor tes kognitif. Kenari dikenal kaya akan jenis asam lemak omega-3 tertentu yang disebut asam alfa-linolenat (ALA).

Selain itu, diet yang kaya akan ALA dan asam lemak omega-3 lainnya dapat menyebabkan arteri yang lebih bersih, yang mana faktor tersebut dapat mendukung kesehatan jantung dan otak.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #ketahui #makanan #yang #dapat #meningkatkan #kecerdasan #penelitian #ungkap #kaitan #makanan #dengan #kinerja #otak

KOMENTAR