Ampuh Banget! Intermittent Fasting Jadi Diet Paling Efektif untuk Pekerja Kantoran, Turunkan Berat Badan dan Bikin Hidup Lebih Sehat
Ilustrasi cara untuk melakukan intermittent fasting yang dapat meningkatkan kinerja kerja./freepik
21:27
13 Oktober 2024

Ampuh Banget! Intermittent Fasting Jadi Diet Paling Efektif untuk Pekerja Kantoran, Turunkan Berat Badan dan Bikin Hidup Lebih Sehat

Ketika kalian berpikir tentang diet, kebanyakan berpikir tentang mengubah apa yang dapat kalian makan.

Padahal ada salah satu diet yang nggak berputar pada jumlah asupan makanan yaitu intermittent fasting. Diet IF atau intermittent fasting adalah diet yang berfokus pada waktu makan.

Dikenal sebagai diet penurunan berat badan yang efektif, diet ini banyak diikuti oleh banyak orang yang memilih pola waktu yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mereka.

Diet ini berpusat pada pola makan yang dilakukan orang secara bergantian antara periode makan dan puasa.

Ada beberapa jenis jadwal diet IF. Salah satu caranya yaitu dengan menetapkan jendela makan selama enam hingga delapan jam di mana kalian mendapatkan semua kalori untuk hari itu hanya dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya pukul 10 pagi hingga 6 sore. Di luar jendela itu, kalian hanya minum air putih, kopi hitam, teh, atau minuman nol kalori lainnya.

Untuk para pekerja yang sibuk di kantor, diet ini jadi salah satu yang paling dianjurkan.

Dilansir dari Fortune, inilah cara untuk melakukan intermittent fasting yang dapat meningkatkan kinerja kerja.

1. Mulailah dari yang kecil

Jika kalian biasanya makan tiga kali sehari dengan cemilan di antaranya, yang dibagi sepanjang waktu, tiba-tiba berpuasa selama 18 jam sehari mungkin akan terasa berat pada awalnya.

Untuk itu, mulailah diet ini dengan jendela makan selama 12 jam. Misalnya dari pukul 6 pagi hingga 6 sore. Kalian tidak perlu makan malam. Kurangi jendela tersebut sedikit demi sedikit setiap minggu.

2. Jangan lupakan nutrisi

Beberapa orang berpikir, mereka bisa makan apa saja yang mereka inginkan selama periode buka.

Namun, jika kalian ingin merasa prima selama jam puasa dan memperoleh efektivitas yang lebih baik, maka jangan lupakan nutrisi yang seimbang.

Kalian bisa memperoleh dari buah, sayur, serat, biji-bijian utuh, protein rendah lemak. Pilihan makanan yang bernutrisi akan membuat diet ini berhasil di tengah jadwal kerja yang sibuk.

3. Ingat untuk terhidrasi

Saat periode puasa, kalian bisa minum air sebanyak mungkin. Hal ini karena ada beberapa orang yang mengalami sakit kepala dan mengartikan sebagai efek puasa. Padahal mereka hanya kekurangan air saja atau dehidrasi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ampuh #banget #intermittent #fasting #jadi #diet #paling #efektif #untuk #pekerja #kantoran #turunkan #berat #badan #bikin #hidup #lebih #sehat

KOMENTAR