6 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
6 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh. ( YouTube Kunci Sehat)
11:08
8 Oktober 2024

6 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

 

 – Sirsak merupakan salah satu buah yang dikenal dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Buah ini sering dikonsumsi langsung atau dijadikan jus, puding, maupun campuran dalam es buah.

Tidak hanya daging buahnya, bagian lain dari tanaman sirsak, seperti batang, akar, dan daunnya kerap digunakan sebagai obat tradisional.

Di dalam 200 gram buah sirsak mengandung sekitar 110 hingga 130 kalori. Buah ini juga memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, kalium, dan lainnya.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam buah sirsak, terdapat banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan enam manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Selasa (8/10).

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat pertama dari konsumsi buah sirsak, yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena buah sirsak mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Kandungan vitamin C ini dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan penyakit infeksi.

Sedangkan antioksidan di dalam buah sirsak ini dapat membantu menangkal radikal bebas. Sehingga dapat mengurangi risiko munculnya berbagai penyakit.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selanjutnya, yaitu dapat menjaga kesehatan pencernaan karena terdapat kandungan serat. Kandungan tersebut dapat membantu melancarkan pencernaan mencegah sembelit serta dapat memperbaiki kesehatan usus.

Selain itu, daun buah sirsak juga dapat digunakan sebagai pengobatan yang berhubungan dengan masalah saluran pencernaan. Daun dan daging sirsak juga dapat digunakan untuk membersihkan usus dan sistem gastrointestinal menjadi lebih lancar.

Tak hanya itu, buah sirsak juga mengandung alkaloid yang dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit pada perut.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Cara selanjutnya, yaitu dapat mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung dan penyakit jantung.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat menjadikan buah sirsak sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah.

Daun sirsak mengandung kalium yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurnagi tekanan darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita hipertensi untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

  1. Mengurangi Peradangan

Buah sirsak memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang berguna untuk mengatasi masalah kesehatan, seperti radang sendi.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat lainnya dari buah sirsak yaitu dapat mencegah kanker. Buah sirsak ini diketahui dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker dalam tubuh.

Oleh karena itu, kamu dapat mengkonsumsi buah sirsak agar dapat mencegah risiko terkena kanker.

  1. Melawan Infeksi Bakteri

Diketahui bahwa ekstrak yang ada di dalam buah sirsak dapat membunuh bakteri, virus, serta parasit.

Selain itu, kandungan nutrisi yang ada di dalam buah sirsak juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan pada tubuh setelah mengalami infeksi.

Nah itu dia informasi mengenai enam manfaat di dalam buah sirsak yang baik untuk kesehatan tubuh.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #buah #sirsak #untuk #kesehatan #tubuh #salah #satunya #dapat #meningkatkan #daya #tahan #tubuh

KOMENTAR