Ingin Pergelangan Tangan Menjadi Kuat? Berikut Ini 5 Latihan Sederhana yang Bisa Anda Lakukan
Ilustrasi latihan menguatkan pergelangan tangan. (My Canton Chiropractor)
20:12
7 Oktober 2024

Ingin Pergelangan Tangan Menjadi Kuat? Berikut Ini 5 Latihan Sederhana yang Bisa Anda Lakukan

- Pergelangan tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang sering digunakan. Untuk menguatkannya, Anda hanya perlu melakukan latihan pergelangan tangan.

Jika sering melakukan latihan pergelangan tangan, otot-otot di bagian tersebut akan lebih kuat dan fleksibilitasnya menjadi lebih meningkat.

Dalam artikel ini akan memberikan lima latihan sederhana pergelangan tangan yang bisa dilakukan, sebagaimana dilansir Verywell Health.

1. Peregangan jari

Gerakan ini dapat membantu meregangkan pergelangan tangan dan jari-jari Anda. Sebelum melakukan latihan berat, peregangan ini bisa dijadikan sebagai pemanasan.

Saat melakukannya, duduklah dalam posisi yang nyaman dengan siku ditekuk dan lengan membentuk sudut siku-siku.

Setelah itu, kepalkan tangan dan buka tangan Anda perlahan-lahan, rentangkan serta regangkan jari-jari. Anda perlu melakukan berulang kali dengan tangan lainnya.

2. Melatih pergelangan tangan dengan dumbbell

Untuk melakukan latihan pergelangan tangan ini, Anda membutuhkan dumbbell, kursi, dan meja.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah duduk di kursi dengan lengan bawah diletakkan di atas meja. Setelah itu, pegang dumbbell dan gantungkan pergelangan tangan di tepi meja.

Telapak tangan menghadap ke bawah dan angkat tangan perlahan-lahan sehingga punggung tangan bergerak ke atas, sementara lengan bawah harus tetap berada di atas meja.

Setelah pergelangan tangan tertekuk sepenuhnya, tahan posisi itu selama beberapa detik.

Lalu, turunkan secara perlahan dan ulangi sebanyak 10 hingga 15 kali serta lakukan dua hingga tiga set.

3. Fleksi pergelangan tangan

Balikkan tangan Anda, sehingga telapak tangan menghadap ke langit-langit. Kemudian, tekuk pergelangan tangan ke atas sehingga telapak tangan mengarah ke langit-langit.

Setelah pergelangan tangan tertekuk sepenuhnya, tahan posisi tersebut selama dua hingga tiga detik dan turunkan tangan secara perlahan kembali ke posisi awal.

Anda bisa mengulang gerakan ini selama dua atau tiga set dengan 10 hingga 15 repetisi.

4. Peregangan dengan merapatkan jari-jari

Anda perlu berdiri dengan siku ditekuk dan rapatkan jari-jari tepat di bawah dagu.

Setelah dapat merasakan regangan di sepanjang bagian dalam lengan, biarkan telapak tangan terpisah tetapi jaga agar jari-jari tetap menyatu. Anda dapat melakukannya selama 30 detik dan ulangi sebanyak empat kali.

5. Pronasi pergelangan tangan

Duduklah di kursi dengan lengan bawah disangga pada meja dan pergelangan tangan di tepi kursi.

Setelah itu, pegang salah satu ujung dumbbell dengan beban mengarah ke atas. Lalu, putar tangan secara perlahan sehingga pergelangan tangan dan telapak tangan menghadap ke bawah.

Tahan posisi tersebut selama beberapa detik dan putar tangan secara perlahan ke posisi awal. Anda dapat melakukannya sebanyak dua hingga tiga set dan diulangi sebanyak 10 hingga 15 kali.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ingin #pergelangan #tangan #menjadi #kuat #berikut #latihan #sederhana #yang #bisa #anda #lakukan

KOMENTAR