Apakah Makan Pepaya Efektif untuk Menurunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya Berdasarkan Komposisi Gizi hingga Cara Memilih dan Menyimpannya
Buah pepaya juga dapat secara efektif menurunkan berat badan karena mengandung kalori yang cukup rendah. (Freepik) ( )
09:46
5 Oktober 2024

Apakah Makan Pepaya Efektif untuk Menurunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya Berdasarkan Komposisi Gizi hingga Cara Memilih dan Menyimpannya

- Pepaya merupakan makanan bergizi yang memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Buah ini memiliki rasa yang manis saat matang, rendah kalori tetapi mengandung banyak vitamin dan mineral.

Dilansir dari laman Vinmec.com, buah satu ini termasuk dalam famili Caricaceae, yang memiliki bentuk bulat dan montok. Sama seperti buah-buahan lainnya, pepaya juga menyehatkan sebagai bagian dari diet seimbang.

Hal ini karena pepaya relatif rendah kalori, sehingga orang yang mengonsumsi pepaya relatif lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Menurut pedoman MyPlate dari Departemen Pertanian AS, fakta nutrisi dalam pepaya meliputi:

- 2,7 g serat atau 10% DV
- 31 miligram (mg) kalsium atau 3,1% DV
- 33 mg magnesium atau 8% dari DV
- 286 mg kalium atau 6,08% dari DV
- 0,13 mg seng atau 0,9% DV
- 95,6 mg vitamin C atau 106,2 persen dari DV
- 58 mikrogram (mcg) folat atau 14,5% DV
- 1.492 unit internasional (IU) vitamin A atau 30% dari DV
- 0,47 mg vitamin E atau 2,4% dari DV
- 4,1 mcg vitamin K atau 5,1% dari DV
- 68 kalori

Jadi, bisakah Anda menurunkan berat badan jika makan pepaya?

Makanlah pepaya untuk menurunkan berat badan karena kalorinya yang rendah. Selain itu, buah ini juga menyediakan serat yang melimpah, nutrisi yang lengkap bagi tubuh, dan membantu rasa kenyang lebih lama.

Alhasil, Anda pun dapat mengonsumsi lebih sedikit kalori di siang hari. Secara khusus, serat dalam pepaya juga mendukung sistem pencernaan yang sehat, dengan pencernaan yang lebih baik, Anda akan merasa tidak terlalu kembung, yang membantu meratakan perut Anda.

Apa manfaat lain pepaya untuk kesehatan Anda?

Selain dapat menurunkan berat badan, mengonsumsi pepaya juga membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah kondisi neurodegeneratif progresif yang membunuh sel-sel otak.

Penyakit ini menyebabkan masalah memori dan hilangnya kemampuan intelektual secara bertahap. Penyebab pasti penyakit Alzheimer tidak diketahui, namun stres oksidatif berperan dalam menyebabkan kondisi ini.

Bagaimana cara memilih dan menyimpan pepaya agar mendapatkan kualitas dan rasa terbaik?

Anda akan menemukan buah ini di toko kelontong sepanjang tahun. Namun, untuk mendapatkan rasa pepaya terbaik, belilah buah tersebut hanya saat sudah matang, atau tunggu hingga matang.

Pepaya yang belum matang memiliki warna campuran antara kuning dan hijau, dan saat matang, warnanya kuning cerah dan keras (jika ditekan sedikit, mungkin terasa lunak). Jika Anda membeli pepaya yang sudah matang, hindari yang terlalu lunak, dan pilih yang memiliki sedikit atau tanpa cacat.

Pepaya hijau dari toko kelontong akan matang dalam beberapa hari. Setelah matang, simpan buah di lemari es untuk membantu memperlambat pematangan.

Apa saja risiko kesehatan yang mungkin timbul akibat mengonsumsi pepaya?

Meskipun pepaya sehat dan rendah kalori, beberapa efek samping yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut:

Perlu diketahui bahwa pepaya hijau mengandung lateks dalam jumlah tinggi, yang berkurang saat matang. Penting bagi Anda untuk menghindari makan pepaya hijau jika Anda sedang hamil, karena lateks dapat menyebabkan kontraksi rahim dan persalinan dini.

Jika Anda telah didiagnosis alergi lateks, ada kemungkinan Anda juga alergi terhadap pepaya. Tanda-tanda alergi lateks meliputi gatal-gatal, hidung tersumbat, mengi, dan sesak dada.

Pepaya merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan pencernaan, tetapi makan terlalu banyak dapat menyebabkan diare dan sakit perut. Jika Anda mengalami tinja encer atau masalah perut setelah makan pepaya, konsultasikan dengan dokter.

Singkatnya, mengonsumsi pepaya matang dapat menurunkan berat badan, serta melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, mengonsumsi pepaya harus dalam kadar yang sesuai, tidak boleh berlebihan karena dapat menimbulkan efek yang kontraproduktif.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #apakah #makan #pepaya #efektif #untuk #menurunkan #berat #badan #simak #penjelasannya #berdasarkan #komposisi #gizi #hingga #cara #memilih #menyimpannya

KOMENTAR