Apa yang Terjadi Pada Tubuh jika Minum Air Kelapa Terlalu Banyak? Simak Penjelasan Berikut Ini!
Ilustrasi Kelapa. (Freepik)
21:30
24 September 2024

Apa yang Terjadi Pada Tubuh jika Minum Air Kelapa Terlalu Banyak? Simak Penjelasan Berikut Ini!

 

 – Air kelapa selain digunakan sebagai minuman segar saat menghadapi cuaca panas, biasanya juga dijadikan sebagai minuman elektrolit pengganti cairan tubuh yang habis setelah melakukan kegiatan berat seperti olahraga.

Dilansir dari Mayoclinic, air kelapa mengandung banyak elektrolit yang meliputi kalium, natrium dan mangan. Elektrolit merupakan mineral bermuatan yang membantu seseorang agar badan tetap terhidrasi.

Selain untuk menghidrasi tubuh yang kekurangan cairan karena olahraga dan diare. Air kelapa juga dapat digunakan untuk tekanan darah tinggi.

Lebih lanjut, dilansir dari portal Marham jika mengonsumsi air kelapa secara berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan berbagai efek lainnya seperti:

Mengandung Banyak Kalori

Meskipun mengandung lebih sedikit gula daripada jenis minuman lainnya, air kelapa mengandung lebih banyak kalori sekitar 60 kalori per 11 ons.

Reaksi Alergi

Alergi ada pada setiap manusia, sebagian orang yang alergi terhadap air kelapa mungkin mengalami reaksi yang merugikan

Bersifat Diuretik

Dengan mengonsumsi air kelapa secara berlebihan dapat memberikan efek diuretic atau membuat seseorang sering ke kamar mandi dan membuang air beberapa kali

Meningkatkan Kadar Gula Darah

Meskipun air kelapa mengandung lebih sedikit gula, namun terdpat kandungan lainnya seperti kalori dan karbohidrat yang meningkat, sehingga hal ini berbahaya bagi penderita penyakit diabetes. Sehingga disarankan bagi penderita diabetes untuk tidak mengonsumsi dalam jumlah banyak

Mengubah Keseimbangan Elektrolit

Dengan mengonsumsi air kelapa secara berlebihan akan mengakibatkan peningkatan kadar kalium dalam tubuh, yang akan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan masalah kesehatan yang memiliki potensi yang membahayakan.

Sifat Pencahar

Air kelapa merupakan pencahar alami, sehingga kurang cocok bagi sebagian orang yang memiliki masalah pencernaan. Terlalu banyak minum air kelapa dapat menyebabkan diare, sehingga disarankan untuk tidak mengonsumsi air kelapa dalam jumlah banyak.

Dapat disimpulkan bahwasannya air kelapa memiliki seribu manfaat bagi tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan sejumlah efek samping bagi kesehatan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #yang #terjadi #pada #tubuh #jika #minum #kelapa #terlalu #banyak #simak #penjelasan #berikut

KOMENTAR