Bahaya Tidur Setelah Makan, Kebiasaan Buruk Penyebab Masalah Kesehatan yang Harus Dihindari
Ilustrasi seorang pria yang tidur setelah makan pizza. (Freepik/kroshka_nastya)
21:46
23 September 2024

Bahaya Tidur Setelah Makan, Kebiasaan Buruk Penyebab Masalah Kesehatan yang Harus Dihindari

 

Mengantuk setelah makan mungkin menjadi hal yang umum terjadi di masyarakat, beberapa orang bahkan tertidur setelahnya. Hal ini disebabkan oleh kondisi perut yang kenyang sehingga membuat malas untuk bergerak. 

Perlu diketahui, tidur setelah makan ternyata dapat mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, seperti masalah pencernaan. 

Dilansir dari situs dampak negatif yang disebabkan oleh kebiasaan tidur setelah makan:

Masalah pencernaan

Berbaring sesaat setelah makan dapat memperlambat proses pencernaan makanan, kondisi ini bisa membuat seseorang mengalami sakit perut, nyeri ulu hati, mual, dan rasa tidak nyaman.

Kondisi tersebut terjadi karena adanya refluks asam, yaitu saat makanan yang sudah masuk ke lambung akan naik kembali.

Gastroesophageal reflux disease (GERD)

Penyakit ini dapat disebabkan oleh peningkatan tekanan pada lambung sehingga asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan akibat tidur setelah makan. 

Ketika seseorang mengalami GERD, tentu menciptakan rasa tidak nyaman di area perut yang nantinya akan berpengaruh pada kualitas tidur maupun gangguan kesehatan lainnya. Hindari untuk tidur setelah mengkonsumsi makanan dengan porsi besar, karena berdampak buruk bagi kesehatan lambung. 

Stroke

Setelah makan terjadi perubahan pada kadar gula darah, kolesterol, dan aliran darah. Semakin lama jarak waktu antara jarak tidur dengan makan, maka semakin kecil pula risiko terkena penyakit stroke, begitu pula sebaliknya. 

Obesitas

Apabila seseorang tidur sehabis makan, maka tidak akan ada kesempatan terjadinya proses mencerna makanan sehingga tubuh tidak membakar kalori dengan baik. 

Sebaliknya, kalori akan menumpuk dan berubah menjadi lemak. Apabila kondisi ini terus berlangsung dalam waktu yang lama, mampu mengakibatkan terjadinya penyakit obesitas. 

Dilansir JawaPos.com pada laman telemed.ihc.id, seorang penderita obesitas memiliki resiko lebih besar mengalami penyakit kronis lainnya seperti diabetes. Tidur setelah makan sering dianggap sepele, namun ternyata kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh. 

Baik usia muda maupun tua, sebaiknya hindari untuk tidur setelah makan. Setidaknya harus di jeda selama 3 jam antara waktu makan dengan tidur, agar proses pencernaan lebih baik. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #bahaya #tidur #setelah #makan #kebiasaan #buruk #penyebab #masalah #kesehatan #yang #harus #dihindari

KOMENTAR