Kenali Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental, Kurangi Gejala Depresi?
Ilustrasi manfaat yoga untuk kesehatan mental. (Foto: Pexels/Elina Fairytale)
17:37
22 September 2024

Kenali Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental, Kurangi Gejala Depresi?

Yoga adalah sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh.

Banyak dari masyarakat menyukai olahraga yoga, sebab gerakan dari olahraga satu ini membutuhkan ketenangan dan konsentrasi maksimal.

Bahkan, yoga semakin populer sebagai bentuk latihan fisik yang holistik dan menyeluruh.

Selain meningkatkan kesehatan mental dan spiritual, yoga juga memiliki potensi besar untuk meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan postur tubuh.

Hingga kini, yoga terus berkembang selama berabad-abad yang dipengaruhi oleh beragam budaya.

Hingga kini ada berbagai jenis yoga, mulai dari ashtanga, kripalu, bikram, sampai vinyasa.

1. Meningkatkan Fleksibilitas

Salah satu manfaat yoga paling dikenal adalah peningkatan fleksibilitas.Berbagai pose dan gerakan yang dilakukan selama sesi yoga membantu meregangkan otot dan jaringan ikat, membuat tubuh lebih lentur.

Fleksibilitas yang baik, tentu membantu mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kemampuan untuk melakukan berbagai aktivitas fisik dengan lebih mudah.

2. Mengurangi Stres

Manfaat yoga bagi kesehatan mental yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi stres. Pasalnya yoga dapat membantu tubuh untuk mengurangi kadar hormon kortisol atau hormon penyebab stres.

Yoga juga mampu memberikan efek relaksasi bagi tubuh. Tidak hanya itu, dalam berbagai penelitian juga telah menguatkan bahwa yoga bermanfaat dalam mengurangi stres.

Dikutip melalui Healtline (22/9), meditasi, latihan pernapasan, ritual pendengaran, seperti nyanyian serta suara gemercik air, semuanya juga terbukti dapat mengurangi ketegangan dan menghilangkan stres secara signifikan.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Saat mengukur tidur, peneliti melihat kemampuan seseorang untuk tertidur dan tetap tertidur. Insomnia dapat mempengaruhi salah satu atau kedua aspek tersebut.

Yoga telah terbukti meningkatkan kecepatan orang untuk tertidur dan seberapa nyenyak tertidur.

Hal ini sebagian disebabkan oleh efek samping dari olahraga dan ketenangan mental serta menghilangkan stres yang diberikan oleh yoga.

Selain meredakan kecemasan, tidak sedikit penelitian menunjukkan yoga nidra sangat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur.

4. Baik untuk Jantung

Melakukan yoga secara teratur dapat membantu mengurangi tingkat stres dan peradangan di seluruh tubuh, sehingga berdampak positif pada kesehatan jantung.

Beberapa faktor penyebab penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan berat badan berlebih, juga bisa diatasi melalui latihan yoga.

Latihan yang teratur dari yoga, dapat membantu meningkatkan kebugaran jantung melalui peningkatan denyut jantung dan sirkulasi darah yang lebih baik.

5. Mengurangi Rasa Cemas dan Depresi

Yoga diketahui dapat membantu mengatasi depresi dan kecemasan. Yoga bekerja dengan cara meningkatkan kesadaran akan pengalaman saat ini dan fokus perhatian, dan sebagai hasilnya, dapat membantu individu menjadi sadar akan suasana hati negatif yang merupakan karakteristik depresi.

Efek yoga pada kesehatan mental juga dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugas dan bergerak melalui tantangan hidup, meskipun dalam keadaan tertekan, membantu melawan kelesuan dan agitasi yang terkait dengan depresi dan kecemasan.

Selain itu juga dapat memelihara dan mendukung kamu dalam partisipasi di dunia pekerjaan, sosial, dan hubungan intim.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kenali #manfaat #yoga #untuk #kesehatan #mental #kurangi #gejala #depresi

KOMENTAR