5 Keajaiban Tersembunyi Buah Semangka untuk Kesehatan di Usia Senja yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?
Ilustrasi buah semangka. Semangka memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, terutama mereka yang usia senja. (Freepik)
13:06
20 September 2024

5 Keajaiban Tersembunyi Buah Semangka untuk Kesehatan di Usia Senja yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

- Semangka, buah yang terkenal dengan rasa manis dan menyegarkan, bukan hanya sekadar pilihan yang enak untuk dinikmati saat cuaca panas. Buah ini ternyata kaya akan nutrisi yang bermanfaat, terutama bagi mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Menurut beberapa penelitian, buah semangka memiliki beragam kandungan yang kaya akan vitamin A, B, C, dan likopen serta menyimpan potensi antioksidan yang tinggi.

Aktivitas antioksidan pada buah semangka ini disebabkan oleh kandungan senyawa seperti vitamin C, vitamin E, karoten, dan senyawa fenolik. Senyawa-senyawa tersebut berperan penting dalam menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan sel, protein, serta lemak dalam tubuh.

Tak heran jika semangka dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan kulit hingga mampu menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, kulit dan isinya yang tidak terbiasa dikonsumsi ternyata juga mempunyai beberapa khasiat di baliknya.

Dikutip dari laman AARP, berikut ini adalah lima manfaat dari buah semangka yang dapat membantu Anda tetap sehat dan aktif, terutama saat memasuki usia senja.

1. Membantu Kulit Terlihat Lebih Muda

Semangka kaya akan likopen, senyawa yang juga ditemukan pada tomat, yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Likopen dalam semangka lebih melimpah daripada pada tomat mentah, memberikan perlindungan dari dalam tubuh. Selain likopen, semangka juga mengandung vitamin C yang membantu menjaga kolagen, sehingga dapat mencegah munculnya garis halus dan kerutan. Meskipun demikian, penggunaan tabir surya tetap penting untuk perlindungan yang maksimal.

2. Melindungi Mata Anda

Selain dikenal dengan manfaatnya untuk kulit, semangka juga dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia dan katarak. Kandungan likopen dapat mengurangi risiko degenerasi makula hingga 30 persen. Vitamin C dari semangka juga dikaitkan dengan risiko katarak yang lebih rendah. Semangka juga mengandung lutein, zeaxanthin, dan vitamin A yang semuanya berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

3. Menurunkan Tekanan Darah

L-sitrulin merupakan salah satu komponen penting dalam semangka yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi semangka dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan likopen dan kalium dalam semangka juga dapat membantu dalam mengatur tekanan darah tinggi, sehingga semangka menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Meningkatkan Pola Makan Anda

Semangka adalah pilihan buah yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga mengandung likopen, vitamin C, dan berbagai nutrisi lainnya. Likopen dalam semangka dapat memberikan perlindungan dari radiasi UV, sementara vitamin C membantu menjaga kulit tetap sehat. Dengan menambahkan semangka ke dalam diet Anda, Anda dapat menikmati berbagai manfaat kesehatan sekaligus menjaga pola makan yang seimbang.

5. Manfaat Tambahan dari Kulit dan Biji Semangka

Banyak orang hanya mengonsumsi daging buah semangka, padahal kulit dan bijinya juga memiliki manfaat kesehatan. Kulit semangka mengandung lebih sedikit gula dan lebih banyak serat dibandingkan dagingnya. Kulit juga kaya akan sitrulin yang baik untuk tekanan darah. Anda dapat memanfaatkan kulit semangka dengan membuat acar atau menambahkannya ke dalam sup dan smoothie. Pastikan untuk mencuci bagian luar semangka sebelum mengonsumsinya.

Biji semangka yang sering dibuang juga kaya akan serat, protein, dan lemak sehat. Panggang biji semangka dan nikmati sebagai camilan sehat atau tambahkan ke dalam salad dan campuran trail mix. Mengunyah biji semangka akan membantu melepaskan nutrisinya saat dicerna.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #keajaiban #tersembunyi #buah #semangka #untuk #kesehatan #usia #senja #yang #harus #anda #ketahui #saja

KOMENTAR