8 Kebiasaan Sehat yang Dilakukan Orang Berumur Panjang, Tak Cuma Olahraga Rutin
Ilustrasi dua orang tua sehat. (Freepik)
06:08
17 September 2024

8 Kebiasaan Sehat yang Dilakukan Orang Berumur Panjang, Tak Cuma Olahraga Rutin

 – Hidup sehat hingga panjang umur bukan sesuatu yang mustahil. Ada kebiasaan sehat yang biasa dilakukan orang berumur panjang.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa beberapa pilihan gaya hidup sehat memungkinkan seseorang untuk bisa hidup dengan usia lebih panjang dan sehat. Setidaknya ada 8 kebiasaan sehat yang dipercaya bisa memperpanjang umur.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat pria yang menerapkan 8 kebiasaan sehat memiliki rata-rata hidup 24 tahun lebih lama. Sedangkan pada perempuan rata-rata hidup 21 tahun lebih lama. Dilansir dari Positive, berikut 8 kebiasaan sehat yang dapat memperpanjang umur manusia.

  1. Olahraga teratur

Orang yang rajin berolahraga, memiliki kemungkinan lebih kecil terkena penyakit. Aktif berolahraga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, serta memberikan nutrisi dan oksigen ke sel-sel otak.

Selain berfungsi menjaga berat badan, saat berolahraga tubuh kita akan melepaskan hormon endorfin yang berfungsi menghilangkan rasa sakit dan memberikan energi positif pada tubuh.

Jika gagasan tentang olahraga teratur di hari kerja membuat Anda merasa tidak nyaman, Anda bisa melakukannya setiap akhir pekan. Sebuah studi di Brasil mengatakan bahwa melakukan olahraga satu atau dua sesi di akhir pekan sama baiknya dengan melakukannya sepanjang minggu.

  1. Makan sehat

Jelas bahwa memperhatikan pola makan dan hidup sehat dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Makanan bergizi dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan fungsi otak, lakukan diet Mediterania dengan cara: konsumsi lebih banyak buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian utuh dan ikan, serta kurangi makanan olahan dan makanan manis.

  1. Memiliki hubungan positif

Studi veteran Amerika Serikat mendukung penelitian yang menunjukkan bahwa memiliki hubungan yang positif dapat meningkatkan kesehatan di usia tua. Menurut hasil penelitian University of Queensland, Australia, memiliki hubungan yang baik dengan orang lain memiliki risiko lebih rendah mengembangkan kondisi jangka panjang seperti: diabetes, penyakit jantung, dan kanker

  1. Mengelola stres

Stres adalah perasaan yang umum, mengalami stres adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, seperti terjebak macet, terlalu banyak pekerjaan hingga berada dalam situasi yang sulit. Jika perasaan frustasi dan stres yang kita alami menjadi berkepanjangan dapat menpengaruhi cara kerja otak dan sel-sel dalam tubuh.

Mengelola atau mengurangi stres dapat membantu permasalahan ini, luangkan waktu pribadi untuk berolahraga, relaksasi, berpergian atau melakukan hobi.

  1. Tidur dengan nyenyak

Tidur yang cukup berpengaruh langsung pada kesehatan fisik dan mental, menurut Prof Russel Foster pemimpin the University of Oxford’s Sleep and Circadian Neuroscience Institute, malam tidur yang sempurna bervariasi dari setiap orang, hal yang penting adalah mengetahui berapa banyak tidur yang kita butuhkan secara individu, bisa jadi hanya enam jam, atau sebanyak 10 jam.

Namun, masalahnya adalah salah satu musuh terbesar tidur adalah kecemasan tentang tidak mendapatkan cukup tidur. Menurutnya, kebanyakan orang tidak memiliki masalah tidur, mereka memiliki masalah kecemasan atau stres.

  1. Batasi minuman beralkohol

Orang dengan gangguan penggunaan alkohol memiliki banyak risiko terkena penyakit. Dalam peringatan terbarunya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan orang dewasa untuk menghindari alkohol atau membatasi asupan harian mereka. Secara umum, batas aman konsumsi alkohol adalah tidak lebih dari dua minuman per hari untuk pria dan tidak lebih dari satu minuman per hari untuk perempuan.

Meskipun demikian, penelitian menunjukkan bahwa tidak ada ukuran yang aman untuk minum minuman beralkohol. Banyak penyakit dan kondisi yang disebabkan karena penggunaan alkohol termasuk tuberkulosis, kanker, kecelakaan kendaraan, kekerasan, hingga perilaku bunuh diri. Jika Anda memiliki gangguan penggunaan alkohol dan ingin menghentikannya, segera kunjungi dokter di rumah sakit terdekat.

  1. Tidak merokok

Tidak merokok dan berhenti merokok adalah salah satu cara yang paling pasti untuk meningkatkan kesehatan.

  1. Bebas dari kecanduan opioid

Pada dasarnya, opioid tergolong obat pereda nyeri yang diresepkan dokter, oleh karena itu penggunaanya harus bijak dan dibawah pengawasan profesional. Jika saat ini Anda memiliki gangguan kecanduan opioid dan ingin menghentikannya, segera kunjungi dokter di rumah sakit terdekat.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #kebiasaan #sehat #yang #dilakukan #orang #berumur #panjang #cuma #olahraga #rutin

KOMENTAR