Kepala Eksekutif OJK Soroti Dana Jumbo Muhammadiyah di BSI: Bank Syariah Tak Cuma BSI
Bank Syariah Indonesia (BSI) [ANTARA]
18:44
11 Juni 2024

Kepala Eksekutif OJK Soroti Dana Jumbo Muhammadiyah di BSI: Bank Syariah Tak Cuma BSI

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, menegaskan bahwa tidak ada isu yang perlu dikhawatirkan oleh nasabah terkait penarikan dana Muhammadiyah dari Bank Syariah Indonesia (BSI).

"BSI masih sangat likuid, tidak ada isu yang perlu dikhawatirkan terkait penarikan dana ini," kata Dian dalam konferensi pers Dewan Komisioner OJK Bulanan Mei 2024 di Jakarta, awal pekan ini.

Menurut Dian, penarikan dana dari bank adalah hal yang biasa selama bank memiliki kecukupan dana. Manajemen likuiditas dan risiko harus tetap dipertahankan.

Dian menambahkan bahwa masalah antara BSI dan Muhammadiyah merupakan tanggung jawab manajemen dan pemegang saham untuk menjelaskan kepada publik. OJK mendorong kedua belah pihak untuk meningkatkan komunikasi.

Baca Juga: Usai Dana Muhammadiyah Ditarik, Gimana Nasib BSI? Ini Kata OJK

Dian berharap isu ini dapat segera diselesaikan agar tidak menimbulkan spekulasi di masyarakat. Dia menekankan pentingnya komunikasi yang baik antara nasabah dan bank.

Secara umum, Dian memastikan bahwa bank syariah di Indonesia berada di jalur yang tepat, termasuk dalam penerapan Roadmap Pengembangan dan Penguatan Perbankan Syariah Indonesia (RP3SI).

OJK dan pemerintah berharap perkembangan perbankan syariah akan semakin cepat. OJK telah mengeluarkan Peraturan Nomor 12 tahun 2023 tentang pemisahan unit usaha syariah (UUS), dengan harapan munculnya bank syariah besar lainnya selain BSI.

“Kalau sendirian seperti ini (hanya BSI dengan size yang besar), karena kalau apapun yang terjadi seperti apa yang terjadi sekarang (soal penarikan dana Muhammadiyah), jadi menjadi bahan sorotan utama," kata dia.

"Sebetulnya bank syariah bukan cuma BSI, tetapi sebetulnya banyak bank syariah lain. Tetapi karena size yang berbeda sendiri, tentu persoalan yang terkait dengan BSI menjadi persoalan kita,” lanjut Dian, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Profil 3 Bank Syariah Pilihan Muhammadiyah Setelah Tinggalkan BSI

Diwartakan sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memutuskan untuk mengalihkan dananya dari BSI ke beberapa bank syariah lain.

Menanggapi hal itu, Ketua PP Muhammadiyah Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Industri Halal Anwar Abbas pada Rabu (5/6/2024) mengungkapkan bahwa porsi penempatan dana Muhammadiyah terlalu banyak di BSI, sementara penempatan dana di bank-bank syariah lain masih sedikit. Hal itu secara bisnis dapat menimbulkan risiko konsentrasi (concentration risk).

Anwar juga telah menegaskan, Muhammadiyah memiliki komitmen yang tinggi untuk mendukung perbankan syariah. Oleh sebab itu, organisasi Islam itu terus melakukan rasionalisasi dan konsolidasi terhadap masalah keuangannya.

Sementara itu, dalam keterangan terpisah, Corporate Secretary BSI Wisnu Sunandar mengatakan bahwa BSI senantiasa berkomitmen memenuhi ekspektasi seluruh pemangku kepentingan dengan menerapkan prinsip adil, seimbang, dan bermanfaat (maslahat) sesuai syariat Islam.

Perseroan juga akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik dan berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

"Terkait pengalihan dana oleh PP Muhammadiyah, BSI berkomitmen untuk terus menjadi mitra strategis dan siap berkolaborasi dengan seluruh stakeholder dalam upaya mengembangkan berbagai sektor ekonomi umat. Terlebih bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan tulang punggung ekonomi bangsa,” kata Wisnu.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #kepala #eksekutif #soroti #dana #jumbo #muhammadiyah #bank #syariah #cuma

KOMENTAR