Kunjungi Dekranas Expo 2024, Ibu Negara Iriana Joko Widodo Belanja Aksesori dan Batik UMKM
Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Wury Ma'ruf Amin menyempatkan singgah ke stand UMKM mitra binaan Pertamina di Dekranas Expo 2024 [ANTARA/HO-Pertamina]
15:55
17 Mei 2024

Kunjungi Dekranas Expo 2024, Ibu Negara Iriana Joko Widodo Belanja Aksesori dan Batik UMKM

Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak hadir dalam acara Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Expo 2024 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/5/2024).

Dikutip dari kantor berita Antara, inilah sebentuk dukungan istri Presiden RI Joko Widodo kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Ibu Negara hadir bersama istri Wakil Presiden RI, yaitu Wury Maruf Amin. Keduanya singgah di stand UMKM mitra binaan Pertamina, dan Iriana Joko Widodo tampak membeli batik dan gelang.

"Ibu Iriana membeli gelang di stand mitra binaan Pertamina dari toko UMKM Joglo Ayu dan membeli beberapa batik dari UMKM Griya Kain Solo," jelas Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina di Jakarta pada Jumat (17/5/2024).

Ditambahkan pula bahwa Iriana Joko Widodo serta Wury Maruf Amin, serta Liza Erick Thohir--istri dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)--juga mencicipi kopi dari Canaya Geothermal Coffee, yaitu UMKM binaan Pertamina Geothermal Energy (PGE).

"Kopinya berasal dari Kamojang, Jawa Barat, yang proses produksi dan pengeringannya menggunakan panas bumi atau geothermal. Ini baru pertama di dunia," jelas Fadjar Djoko Santoso.

Esti, pemilik Griya Kain Solo, UMKM binaan Pertamina asal Solo yang memproduksi batik tulis menyatakan rasa bahagia karena diajak Pertamina mengikuti pameran.

"Senang banget waktu diinformasikan ada pameran karena pasti bisa meningkatkan omzet. Terus menambah pelanggan dan produk kami bisa dipromosikan," ungkap Esti.

Pertamina telah menyatakan berkomitmen untuk terus mendampingi UMKM agar naik kelas.

Perusahaan ini memiliki beragam program untuk UMKM binaannya. Khususnya UMKM kerajinan, yaitu program pembinaan yang meliputi pelatihan, pelibatan dalam pameran baik di dalam mau pun luar negeri, pemberian akses atas sertifikasi, pemberian hibah alat teknologi tepat guna, publikasi, sampai promosi.

Wury Maruf Amin selaku Ketua Umum Dekranas menyampaikan bahwa Dekranas telah menjadi salah satu tonggak utama dalam mengembangkan potensi industri kerajinan di Indonesia.

Sejak didirikan 44 tahun lalu, perjalanan panjang Dekranas penuh dengan prestasi membanggakan dengan produk industri kerajinan Indonesia yang mendapat pengakuan baik di dalam maupun luar negeri.

"Hal ini tidak lepas dari peran para perajin, desainer, akademisi, media, dan pelaku UMKM serta dukungan pemerintah, dan lembaga terkait yang mengangkat kekayaan produk budaya Indonesia ke panggung dunia," kata Wury Maruf Amin.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #kunjungi #dekranas #expo #2024 #negara #iriana #joko #widodo #belanja #aksesori #batik #umkm

KOMENTAR