Dukung Calon Pekerja Migran Indonesia, Elite International Recruitment Kerja Sama dengan Schoters lewat Pelatihan Bahasa Asing
Paparan zoom meeting kerja sama Elite International Recruitment dengan Schoters. (Istimewa)
16:27
18 April 2024

Dukung Calon Pekerja Migran Indonesia, Elite International Recruitment Kerja Sama dengan Schoters lewat Pelatihan Bahasa Asing

–Banyak kebutuhan pasar internasional terhadap sumber daya manusia dari Indonesia, terutama di wilayah Eropa. PT Tenriawaru Elit Internasional (Elite International Recruitment) jalin kerja sama dengan Schoters untuk menyiapkan pelatihan bahasa asing untuk yang berminat berkarir di luar negeri.

Kerja sama tersebut untuk membuka sekaligus mempersiapkan peserta yang ingin bekerja di luar negeri agar semakin fasih menggunakan bahasa asing. Keterampilan berbahasa menambah nilai bagi para calon pekerja. Hal itu diperlukan untuk bersaing di kancah internasional. Bahasa yang paling utama dipersiapkan adalah bahasa Inggris kemudian Jerman dan bahasa Jepang.

Direktur Utama Elite International Recruitment Dina Carol menyebut, sumber daya Indonesia menjadi primadona di kancah internasional karena memiliki perilaku dan kinerja yang baik. Sayangnya sering kali tersandung dengan kemampuan bahasa asing yang masih kurang.

”Karena masyarakat kita tidak memiliki kesempatan untuk belajar dan menggunakan bahasa asing. Padahal dari pengalaman yang sudah-sudah, sumber daya Indonesia ini adalah fast learner dalam banyak hal. Saya sangat optimistis bahwa kerja sama ini akan banyak membantu masyarakat Indonesia untuk meraih kesempatan lebih besar untuk bersaing di percaturan peluang kerja dunia,” ungkap Dina Carol.

COO Schoters Dzarnuji Aziz mengatakan, saat ini kendala utama atau hambatan untuk bekerja di luar negeri adalah bahasa asing. Sehingga fokus utama pelatihan kerja adalah mengasah bahasa asing agar sesuai standar yang ditetapkan di pasar internasional.

”Pastinya kunci utama untuk bekerja ke luar negeri adalah  bahasa. Jadi, Schoters berkomitmen untuk mendukung pelatihan bahasa asing yang berstandar untuk para peserta,” ungkap Dzarnuji Aziz.

Dia menjelaskan, pelatihan bahasa asing itu bisa dilakukan secara daring ataupun luring. Yakni dengan menggunakan fasilitas Schoters di banyak kota di Indonesia yang mudah dijangkau peserta.

Penyerapan tenaga kerja Indonesia di beberapa negara di dunia mengalami peningkatan setiap tahun. Hal itu menjadi pertanda baik bagi calon pekerja migran Indonesia dengan usia produktif yang tertarik untuk kerja ke luar negeri terutama untuk sektor formal atau pekerjaan terampil.

Kementerian Tenaga Kerja menyatakan, pemerintah mendukung upaya untuk mempersiapkan tenaga kerja Indonesia yang memiliki kompetensi. Sehingga, mampu bersaing di kancah pasar kerja global, dengan catatan tetap sesuai prosedur.

”Saat ini ada banyak peluang kerja di luar negeri yang dapat diisi para pekerja migran Indonesia. Kami mendukung pihak-pihak yang mau membantu para pekerja agar memiliki kemampuan bahasa maupun teknis yang sesuai standar internasional,” ungkap Direktur Penempatan dan Pelindung Pekerja Migran Indonesia Rendra Setiawan.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #dukung #calon #pekerja #migran #indonesia #elite #international #recruitment #kerja #sama #dengan #schoters #lewat #pelatihan #bahasa #asing

KOMENTAR