Kalangan Pengamat Ekonomi Sebut Ada yang Sengaja Memainkan Isu Sri Mulyani Mundur dari Menkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Setpres)
21:27
30 Januari 2024

Kalangan Pengamat Ekonomi Sebut Ada yang Sengaja Memainkan Isu Sri Mulyani Mundur dari Menkeu

- Sejumlah pengamat ekonomi menyoroti isu mundurnya Sri Mulyani (SMI) dari posisi Menteri Keuangan (Menkeu) hanya ‘digoreng’ pihak tertentu. Pasalnya, SMI dianggap tak akan mundur dari posisi menteri di kabinet Presiden Jokowi hingga selesai pada Oktober 2024 nanti.

Salah satunya pengamat ekonomi Ryan Kiryanto, ia menyebut bahwa mundurnya SMI merupakan hasil analisis yang terlalu dangkal sehingga deviasinya terlalu jauh.

"Kita harus tetap berpegangan pada penryataan beliau yang menegaskan, beliau tetap bekerja seperti biasa, kecuali mungkin ada force majour. Saya khawatir ini, jika isu ini dibiarkan akan menjadi public pressure bagi beliau," kata Ryan Kiryanto saat dimintai tanggapannya, Selasa (30/1).

Ryan menilai, perekonomian Indonesia khususnya sektor keuangan, tidak akan diuntungkan dengan isu ini bila tidak segera diluruskan. Karena banyaknya reaksi dari pasar maupun pelaku sektor keuangan yang merespon isu ini yang sebenarnya analisisnya sangat lemah.

”Terlebih standing position SMI saat ini adalah tokoh global atau tokoh dunia di sektor keuangan dimana beliau aktif di berbagai lembaga keuangan global bahkan sempat menjabat beberapa posisi strategis seperti di World Bank. Dan, tidak banyak atau sedikit sekali tokoh nasional yang memiliki kiprah di kancah global/dunia," kata Ryan.

Meskipu ada juga beberapa tokoh dan menteri yang dikenal berkiprah di global antara lain eks Menkeu Chatib Basri dan Menteri BUMN Erick Thohir. Karena itu apa pun keputusan yang diambil SMI harus tetap dihormati. 

”Karena itu adalah keputusan yang terbaik, beluai akan tetap mengabdi kepada Indonesia dimanapun berada,” ujar Ryan.

Lebih lanjut RK -panggilan akrabnya Ryan Kiryanto- menambahkan,. menjadi hal yang menarik setelah SMI menunaikan tugasnya sebagai Menkeu, yaitu apakah Capres terpilih nantinya mengajak SMI lagi dan apakah SMI berkenan membantu pemerintahan lagi. 

”Namun saya yakin dimanapun beliau berada akan tetap support pada negara dan bangsa Indonesia,” kata RK.

Editor: Dimas Ryandi

Tag:  #kalangan #pengamat #ekonomi #sebut #yang #sengaja #memainkan #mulyani #mundur #dari #menkeu

KOMENTAR