Penataan Kampung Seni Kujon Rampung, Komitmen Brantas Abipraya Dukung Destinasi Super Prioritas di Borobudur
Kampung Seni Kujon merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang tengah dikerjakan Brantas Abipraya untuk mendukung destinasi super prioritas di Borobudur. (BUMN)
17:00
29 September 2024

Penataan Kampung Seni Kujon Rampung, Komitmen Brantas Abipraya Dukung Destinasi Super Prioritas di Borobudur

- PT Brantas Abipraya (Persero) melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di sekitar Area Kampung Seni Kujon sebagai bagian dari Program Bakti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan wujud peduli kepada masyarakat sekitar Proyek. BUMN konstruksi ini menunjukkan kehadirannya tak hanya melalui karya infrastruktur, namun juga dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Kampung Seni Kujon merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang tengah dikerjakan Brantas Abipraya untuk mendukung destinasi super prioritas di Borobudur, yang diluncurkan Pemerintah Pusat untuk mendukung pariwisata di kawasan Borobudur. Aktivitas penataan sudah dimulai sejak groundbreaking dilaksanakan pada November 2023 dan pembangunan kampung seni sudah rampung pada September ini.

"Program TJSL yang kami laksanakan ini sedikit untuk membantu memberikan kemanfaatan bagi pembangunan ekonomi dan sosial lingkungan di sekitar area Kampung Seni Kujon, karena dalam hal ini secara tidak langsung masyarakat sekitar Kampung Seni Kujon telah sepenuhnya mendukung terlaksananya pembangunan proyek kampung seni Borobudur ini dengan sangat baik," ujar Dian Sovana, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, Minggu (29/9).

Sebagai informasi, Penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur ini dilakukan melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Brantas Abipraya membangun Kampung Seni Borobudur di Kujon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang setelah dipercaya oleh Kementerian PUPR pada November 2023 lalu di mana telah tuntas dan serta serah terima kepada PUPR pada 13 September 2024.

Bersama Kementerian PUPR, Brantas Abipraya akan terus mendukung pengembangan infrastruktur terpadu yang berkelanjutan pada KSPN Borobudur sebagai situs warisan budaya dunia. Saat ini, Kampung Seni Borobudur sudah mulai dioperasikan, dan para pelaku usaha atau pedagang sudah mulai berjualan pada area kios-kios yang telah dibangun.

Adapun saat ini Kampung Seni Borobudur memasuki tahap pemeliharaan di mana terdapat beberapa defect (keadaan belum sempurna) atau saran dan keluhan dari pelaku usaha atau pedagang di beberapa area bangunan dan kawasan. Menyikapi hal tersebut Brantas Abipraya akan terus merespons cepat dengan melaksanakan perbaikan-perbaikan serta pemeliharaan pada beberapa area bangunan dan kawasan, guna menyempurnakan hasil pekerjaan.

Saat ini, Brantas Abipraya berkomitmen untuk selalu siaga dengan mempersiapkan Tim Pemeliharaan dan Pembersihan di Proyek Kampung Seni Borobudur, sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #penataan #kampung #seni #kujon #rampung #komitmen #brantas #abipraya #dukung #destinasi #super #prioritas #borobudur

KOMENTAR