Empat Tim Inovator Antam Raih Kategori Excellent dalam IQPC 2024 di Filipina
Antam meraih Kategori Excellent dalam IQPC 2024 di Filipina. (Dok: Antam)
18:29
18 September 2024

Empat Tim Inovator Antam Raih Kategori Excellent dalam IQPC 2024 di Filipina

Berkat inovasi yang dilakukan oleh Unit Geomin, Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat, dan UBP Nikel Maluku Utara, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam meraih penghargaan tertinggi dalam International Quality and Productivity Convention (IQPC) 2024. Acara ini berlangsung di Manila, Filipina, pada 10-11 September 2024.

Sebanyak empat tim inovator dari Antam, anggota MIND ID, BUMN Holding Industri Pertambangan, meraih kategori tertinggi atau Excellent. Keempat tim tersebut merancang inovasi untuk mendukung praktik operasi perusahaan yang berlandaskan prinsip good mining practices dan operation excellence, dengan tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Menanggapi hal ini, Direktur Utama Antam, Nico Kanter menyatakan, prestasi tersebut merupakan bukti komitmen perusahaan dalam mendorong inovasi berkelanjutan di seluruh aspek bisnis.

"Antam terus berupaya menciptakan inovasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan nilai perusahaan melalui perbaikan yang konsisten dan adaptasi terhadap perkembangan global. Keempat tim kami telah berhasil menciptakan inovasi yang meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan," katanya.

Baca Juga: Indonesian Movie Actors Awards 2024 Bersiap Digelar, Hadirkan 15 Kategori Penghargaan

Salah satu tim, SS Jago Buli dari UBP Nikel Maluku Utara, memperkenalkan inovasi Jago Buli Crusher yang mempercepat proses penghancuran sampel. Durasi pemusnahan sampel arsip yang semula memakan waktu 19,6 jam, berhasil dipangkas menjadi hanya 9,8 jam saja.

Sementara itu tim lain, GCP SICEPAT, yang juga dari UBP Nikel Maluku Utara, berhasil mempercepat proses pelaporan hasil analisis sampel bijih nikel dengan aplikasi Sicepat Kilat berbasis Google Appsheet. Inovasi ini mengurangi durasi proses pelaporan dari 4.227 menit menjadi 1.722 menit per bulan.

Tim QCI Alien dari Unit Geomin memanfaatkan kecerdasan buatan seperti ChatGPT dan Google Earth Engine untuk mempercepat analisis data dalam menentukan daerah target eksplorasi emas. Inovasi ini digunakan dalam studi pendahuluan eksplorasi emas yang dilakukan Unit Geomin.

Tim GKM Super Dream Team HSE dari UBP Bauksit Kalimantan Barat juga mencatat pencapaian dengan inovasi yang memanfaatkan daur ulang sampah organik dan anorganik untuk optimalisasi sistem revegetasi serta pengendalian erosi dan sedimen di area reklamasi wilayah operasi UBP Bauksit Kalimantan Barat.

"Dengan diraihnya penghargaan di IQPC 2024, kami akan terus memperkuat budaya inovasi di seluruh perusahaan," pungkas Nico.

Baca Juga: Pegadaian Borong Penghargaan The Best Indonesian Contact Center 2024

IQPC merupakan ajang tahunan yang mempertemukan para ahli dan profesional untuk membahas, berbagi, dan belajar tentang inovasi dalam manajemen mutu dan produktivitas. Pada tahun ini, IQPC 2024 diikuti oleh 175 tim dari berbagai negara di Asia Tenggara.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #empat #inovator #antam #raih #kategori #excellent #dalam #iqpc #2024 #filipina

KOMENTAR