7 Destinasi Wisata di Kaliurang Jogjakarta yang Cocok untuk Liburan Lebaran
Kawasan wisata Tlogo Putri Kaliurang. (Dok. JawaPos.com)
10:21
24 Maret 2024

7 Destinasi Wisata di Kaliurang Jogjakarta yang Cocok untuk Liburan Lebaran

Kaliurang merupakan sebuah kawasan pegunungan yang terletak di lereng Gunung Merapi. Destinasi wisata populer di Jogjakarta ini menawarkan udara segar, pemandangan alam yang memesona, dan berbagai atraksi menarik.

Bagi Anda yang merencanakan liburan lebaran yang menyenangkan, berikut adalah 7 destinasi wisata kaliurang yang patut Anda kunjungi:

1. Merapi Park

Dilansir dari akun TikTok @cerita_jajan, Merapi Park merupakan sebuah destinasi wisata yang menawarkan beberapa aktivitas yang bisa dicoba oleh pengunjungnya. Disana terdapat beberapa ikon negara-negara di dunia seperti menara eiffel, menara jam big ben, dan sebagainya yang cocok dijadikan spot untuk berfoto.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati aktivitas memanah, memberi makan kambing dan kelinci, berenang di waterpark, dan menjelajah seru di dino park. Untuk dapat menikmati keseruan di Merapi Park pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp 35.000 per orang. Tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Lokasi Merapi Park: Jl. Kaliurang Km 22.5, Pakem, Sleman, Jogjakarta

2. Tlogo Putri Kaliurang

Dilansir dari akun TikTok @jelajahidofficial, Tlogo Putri Kaliurang merupakan destinasi wisata alam yang asri dan sejuk. Anda dapat menikmati kesejukan Tlogo Putri Kaliurang dengan bermain skuter dan juga sepeda. Selain itu, disana juga banyak kuliner yang bisa dinikmati sambil menonton pertunjukan seni di panggung pertunjukan seni Kaliurang.

Jika Anda ingin lebih menikmati landscape kawasan Kaliurang, Anda dapat berkeliling lebih jauh menikmati keindahan Kaliurang dengan menyewa mobil jeep yang tersedia. Tempat ini cocok dikunjungi bersama teman-teman.

Lokasi Tlogo Putri Kaliurang: Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Sleman, Jogjakarta

3. Tlogo Muncar

Dilansir dari akun TikTok @owatlogomuncar, Tlogo Muncar merupakan destinasi wisata alam yang menyajikan keindahan air mancur yang berasal dari mata air Gunung Merapi. Bagi Anda penikmat wisata alam, Tlogo Muncar merupakan destinasi yang wajib Anda kunjungi ketika ke Jogjakarta. Untuk dapat menikmati keindahan alam di Tlogo Muncar, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang.

Lokasi Tlogo Muncar: Jl. Tlogo Putri, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Jogjakarta

4. Bukit Klangon

Dilansir dari akun TikTok @dolan.aja, Bukit Klangon merupakan destinasi wisata alam yang harus dikunjungi jika Anda ingin menikmati keindahan panorama Gunung Merapi. Selain itu, Bukit Klangon juga menyediakan fasilitas bagi Anda yang ingin camping bersama teman-teman. Untuk dapat berkunjung kesini pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 4000 per orang, tarif parkir motor sebesar Rp 3.000, tarif parkir mobil Rp 5.000, dan tarif camping Rp 15.000 per orang.

Lokasi Bukit Klangon: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Jogjakarta

5. Museum Ullen Sentalu

Dilansir dari akun TikTok @kanshue, Museum Ullen Sentalu adalah sebuah museum sekaligus kediaman dari keluarga pengusaha batik yang ada di Yogyakarta. Ketika berkunjung ke museum ini, pengunjung di beri pilihan tur mana yang ingin dinikmati, pilihan tersebut diantaranya ada Adiluhung Mataram dengan tarif sebesar Rp 50.000 per orang, tema tur ini yaitu seni dan budaya adiluhung Jawa.

Lalu pilihan kedua yaitu Skriptorium dengan tarif sebesar Rp 60.000 per orang, tema tur ini yaitu lini masa sejarah bumi Jawa dari era pra sejarah sampai dengan kemerdekaan. Pilihan yang terakhir yaitu Vorstenlanden dengan tarif sebesar Rp 100.000 per orang, tema tur ini yaitu masa emas Kasultanan Jogjakarta dan Kasunanan Surakarta serta budaya Indies (akulturasi budaya Jawa, Belanda, Tionghoa). Pengunjung di museum ini tidak diperkenankan untuk mengambil foto dan video barang-barang koleksi museum, tetapi hanya boleh mengabadikan momen di luar museum saja.

Lokasi Museum Ullen Sentalu: Jl. Boyong No.Km 25, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Jogjakarta

6. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika datang ke Yogyakarta. Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman petualangan yang unik dan menyenangkan. Lava Tour Merapi mengajak pengunjung menjelajahi keindahan alam dengan kendaraan offroad yang menyenangkan, menikmati pemandangan yang menakjubkan, mempelajari mitos dan sejarah Gunung Merapi, dan mengunjungi titik-titik penting di lereng Merapi.

Untuk menikmati destinasi wisata ini pengunjung perlu menyewa sebuah mobil jeep. Dilansir dari akun TikTok @jeep_merapi_lavatour harga sewa mobil jeep dimulai dari harga Rp 400.000 per mobil.

Lokasi Lava Tour Merapi: Jl. Raya Merapi Golf No.11, Balong, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Jogjakarta

7. Bunker Kaliadem

Dilansir dari akun TikTok @jogjajateng, Bunker Kaliadem adalah salah satu destinasi wisata alam yang menyuguhkan keindahan panorama Gunung Merapi. Dulunya bunker ini difungsikan untuk tempat berlindung dari erupsi Gunung Merapi, tetapi pada tahun 2006 terjadi peristiwa mengenaskan, dimana terdapat dua orang relawan yang meninggal di dalamnya akibat berlindung dari erupsi Gunung Merapi. Saat ini, Bunker Kaliadem dijadikan kawasan wisata alam. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan Gunung Merapi dari Bunker Kaliadem.

Lokasi Bunker Kaliadem: Kinahrejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Jogjakarta

Sebelum mengunjungi destinasi wisata Kaliurang selama liburan Lebaran, pastikan untuk melakukan perencanaan dan reservasi dengan baik, karena tempat-tempat ini mungkin menjadi ramai selama musim liburan. Nikmati liburan Anda di Kaliurang dan rasakan keindahan alam serta pesonanya yang memukau.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #destinasi #wisata #kaliurang #jogjakarta #yang #cocok #untuk #liburan #lebaran

KOMENTAR