7 Rekomendasi Wisata Museum di Surabaya, Jalan-Jalan Bonus Belajar Sejarah dengan Harga Tiket di Bawah Rp 8 Ribu
Sejumlah pengunjung melihat koleksi di Museum Sepuluh Nopember Surabaya. (Alfian Rizal/Jawa Pos)
21:14
17 Maret 2024

7 Rekomendasi Wisata Museum di Surabaya, Jalan-Jalan Bonus Belajar Sejarah dengan Harga Tiket di Bawah Rp 8 Ribu

Ternyata di Surabaya banyak tempat wisata museum, loh! Wisata museum ini bisa menjadi alternatif kalian yang bosan jalan-jalan ke mall.

Lokasi dari wisata museum ini bisa dibilang hidden gems karena terletak berdampingan dengan pemukiman warga.

Buat kalian yang ingin jalan-jalan sambil belajar sejarah, ini dia rekomendasi wisata museum yang ada di Surabaya.

Rumah Kelahiran Bung Karno

Berlokasi di Jalan Pandean IV, Rumah Kelahiran Bung Karno ini memamerkan kisah perjalanan keluarga Bapak R. Soekeni dan Ibu Nyoman Rai Srimben sekaligus Soekarno dalam bentuk video mapping.

Rumah kelahiran Bung Karno ini juga menggunakan teknologi Augmented Reality yang memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung Rumah Kelahiran Bung Karno.

HTM: Gratis

Jam operasional: 08.00 – 15.00 WIB

Lokasi: Jl. Pandean IV, Surabaya.

Museum Olahraga

Sejak diresmikan pada 8 Mei 2021, museum olahraga ini dibangun untuk memberikan edukasi sejarah dan budaya Indonesia tentang dunia olahraga serta peninggalan sejarah para pejuang dan pahlawan olahraga Surabaya.

Museum ini menyimpan koleksi-koleksi dari Atlet Surabaya. Terbagi menjadi tiga jenis yaitu koleksi historika (hasil temuan), koleksi heraldika (penghargaan dan jasa), dan koleksi teknologika.

HTM: Rp5.000

Jam operasional: 08.00 – 15.00 WIB

Lokasi: J. Indragiri No. 6, Surabaya.

Museum H.O.S Tjokroaminoto

Museum ini adalah tempat tinggal H.O.S Tjokroaminoto dan keluarga pada jaman dulu. Koleksi museum ini tentunya berkaitan dengan kisah H.O.S. Tjokroaminoto.

Berlokasi di Jalan Peneleh Gang VII, rumah ini juga menjadi saksi bisu perjuangan bangsa maupun lahirnya tokoh nasional Indonesia.

HTM: Rp5.000

Jam operasional: 08.00 – 15.00 WIB

Lokasi: Jl. Peneleh Gang VII, Surabaya.

Museum W.R Supratman

Museum ini adalah tempat dimana terpampangnya koleksi barang, foto hingga lemari replika biola sang pencipta lagu Indonesia Raya. Di bagian depan museum terdapat patung W.R Soepratman berpose memainkan biola yang menjadi ikon museum ini.

Bangunan museum ini merupakan rumah dari kakak pertama sang maestro, yang juga ditinggali oleh W.R. Soepratman pada tahun 1937, hingga akhirnya meninggal dunia pada 17 Agustus 1938.

HTM: Rp5.000

Jam operasional: 08.00 – 15.00 WIB

Lokasi: Jl. Mangga No. 21, Tambaksari, Surabaya.

Museum Dr. Soetomo

Berada dalam komplek Gedung Nasional Indonesia (GNI), Museum Dr. Soetomo ini khusus menampilkan riwayat hidup Dr. Soetomo. Di dalam museum ini dapat dijumpai lebih dari 300 koleksi berupa alat-alat kesehatan dan foto-foto.

Pada awalnya, fungsi GNI adalah sebagai tempat pertemuan para tokoh perintis kemerdekaan dalam menyusun taktik dan strategi dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Namun, pada tahun 2017 salah satu bangunan di dalam komplek GNI dipakai untuk Museum Dr. Soetomo.

HTM: Rp5.000

Jam operasional: 08.00 – 15.00 WIB

Lokasi: Jl. Bubutan No. 85-87, Surabaya.

Museum Pendidikan

Museum Pendidikan Surabaya merupakan museum tematik yang didirikan sebagai langkah pelestarian sejarah dan budaya bangsa dengan tujuan untuk mendukung kegiatan edukasi, riset dan rekreasi di Kota Surabaya.

Bangunan museum ini merupakan bekas gedung Sekolah Taman Siswa. Museum ini menyimpan bukti materiil Pendidikan pada masa Pra-Aksara, Masa Klasik, Masa Kolonial dan Masa Kemerdekaan.

HTM: Rp5.000

Jam operasional: 08.00 – 21.00 WIB

Lokasi: Jl. Genteng Kali No. 19, Surabaya.

Museum Sepuluh Nopember

Museum Sepuluh Nopember merupakan museum perjuangan yang terdapat ratusan koleksi foto, senjata rampasan dan artefak peninggalan pertempuran di Surabaya dan fasilitas pendukung lain yaitu diorama elektronik dan diorama statis.

Berlokasi dalam Monumen Tugu Pahlawan, museum ini dibangun untuk mengenang sejarah perjuangan pahlawan kemerdekaan Bangsa Indonesia dalam peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

HTM: Rp8.000

Jam operasional: 08.00 – 15.00 WIB

Lokasi: Jl. Pahlawan, Surabaya

Kalian dapat mengakses tiketwisata.surabaya.go.id untuk pemesanan dan pembayaran tiket wisata museum serta informasi lebih lanjut terkait peraturan yang berlaku di setiap museum.

Nah, itu dia rekomendasi wisata museum yang ada di Surabaya. Semangat mengeksplor sejarah di Kota Pahlawan, ya!

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #rekomendasi #wisata #museum #surabaya #jalan #jalan #bonus #belajar #sejarah #dengan #harga #tiket #bawah #ribu

KOMENTAR