Cerita Ari Ganesa Solo Traveler di Maroko, Tiga Bulan Membaur Bersama Warga Lokal
PERJALANAN: Ari Ganesa di perbatasan Midelt, Maroko. (DOKUMENTASI ARI GANESA)
13:49
30 September 2024

Cerita Ari Ganesa Solo Traveler di Maroko, Tiga Bulan Membaur Bersama Warga Lokal

- Enam tahun silam, Ari Ganesa memulai langkahnya menjelajah dunia. Ari meninggalkan zona nyaman dan menjadi full time woman solo traveler. Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika, hingga Eropa sudah dia kunjungi.

Pada 2018, untuk kali pertama dia pergi ke luar negeri seorang diri. Berkeliling Asia Tenggara selama dua pekan dari Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, hingga Singapura.

”Itu uji nyali banget sih. Setelahnya, karena merasa berhasil traveling sendirian, pada tahun yang sama pergi ke Nepal selama sebulan, naik Himalaya,” cerita Ari saat dihubungi Jawa Pos dari Surabaya pertengahan September.

Perempuan asal Kediri itu mendaki Gunung Kilimanjaro di Afrika sebelum petualangannya terhenti sejenak oleh pandemi Covid-19. Pada 2022, Ari kembali melanjutkan perjalanan. Bagi dia, solo traveling lebih praktis. ”Aku lebih suka me time dan dengan sendirian aku nggak perlu berkompromi setiap saat,” ujarnya.

Apalagi, setelah memasuki usia kepala tiga, Ari lebih slowdown. ”Aku menghabiskan satu negara selama sebulan. Jadi santai mau ke mana-mana,” kata Ari lantas menambahkan, dirinya bisa tetap bekerja, menulis, sembari traveling.

Ari hidup membaur bersama warga lokal (warlok). Ari sungguh tertarik mempelajari budaya dan bahasa. ”Pernah di Maroko bahkan sampai tiga bulan. Tinggal bareng mereka, makan yang mereka makan, belajar bahasanya, keliling setiap sudut Maroko,” beber perempuan yang pernah berkarier sebagai jurnalis itu.

Dia bersyukur selama perjalanan dipertemukan dengan orang-orang baik. Ari sadar perempuan rentan menjadi sasaran kekerasan dan pelecehan. ”Usahakan jangan terlihat lemah atau bingung kayak orang kesasar. Orang yang berniat jahat akan membidik target yang terlihat lemah,” katanya.

Ari pun tidak pernah tampil mencolok layaknya turis. Dia berpakaian kasual sebagaimana warga lokal. Hingga kini, sudah 23 negara dia jelajahi. Ari masih memiliki impian menjelajah Skandinavia dan Amerika Latin. (lai/c7/nor)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #cerita #ganesa #solo #traveler #maroko #tiga #bulan #membaur #bersama #warga #lokal

KOMENTAR