Henry Indraguna Tanggapi Dugaan Sandra Dewi Terlibat Korupsi Harvey Moeis, Singgung Hobi Pamer Harta
Henry Indraguna dan Sandra Dewi - Pakar hukum, Henry Indraguna menanggapi soal keterlibatan Sandra Dewi atas tindakan korupsi suaminya Harvey Moeis, minta penyidik buktikan dahulu. 
14:14
2 April 2024

Henry Indraguna Tanggapi Dugaan Sandra Dewi Terlibat Korupsi Harvey Moeis, Singgung Hobi Pamer Harta

Pakar hukum, Henry Indraguna menanggapi soal dugaan keterlibatan Sandra Dewi atas tindakan korupsi suaminya Harvey Moeis.

Diketahui suami Sandra Dewi, Harvey Moeis telah ditetapkan sebagai tersangka atas korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk 2015-2022.

Hal itu membuat nama Sandra Dewi menjadi ramai diperbincangkan karena diduga terkait dengan kasus korupsi sebesar Rp 271 Triliun oleh suaminya itu.

Nilai korupsi fantastis tersebut, membuat Sandra Dewi yang gemar menunjukan aset mewahnya kini menjadi sorotan.

Gaya hidup glamor Sandra Dewi membuat publik curiga akan keterlibatan sang artis di pusara korupsi Harvey Moeis.

Saat ditanyakan soal posisi Sandra Dewi di tengah kasus korupsi suaminya yang mengegerkan publik, Henry Indraguna sebagai pakar hukum memberikan tanggapannya.

Menurut Henry penyidik harus membuktikan terlebih dahulu perihal keterlibatan sang artis dalam tindak pidana korupsi tersebut.

"Penyidik harus bisa membuktikan, apakah istri si HM (Harvey Moeis) ini turut serta mengetahuin terlibat (korupsi) atau tidak. Itu tugas penyidik," kata Henry Indraguna, mengutip YouTube Seleb Oncam News, Selasa (2/4/2024).

"Ya tapi kalau penyidik tidak bisa membuktikan. Maka demi hukum istrinya HM ini si SD (Sandra Dewi) ini tidak bisa terjerat kasus TPPU atau tidak pidana pencucian uang dan korupsi," imbuhnya.

Sebab posisi Sandra Dewi yang notabene sebagai istri Harvey Moeis, menurut Henry bisa saja terjerat hukuman berlapis, jika penyidik berhasil membuktikannya.

Yakni pasal tindak pidana korupsi dan tidak pidana pencucian uang yang pelakukan dapat terancam 20 tahun penjara.

"Jelas jadi sekarang ini korupsi itu selalu ada dua pasal yang bisa menjerat. Satu pasal tindak pidana korupsi, setelah itu selesai putusan inkrah, maka masuknya penyidik ini kepada tidak pidana pencucian uang."

"Karena pencucian uang itu ancamannya 20 tahun penjara, ini yang ditakutkan oleh koruptor," terang Henry Indraguna.

Namun sebelum dikenakan pasal berlapis, Henry menekankan bahwa tindak pidana korupsi yang dijatuhkan harus diputuskan secara hukum terlebih dahulu.

Sebelum nantinya sang artis bisa dikenakan pasal TPPU atau tindak pidana pencucian uang.

"Sudah pasti berlapis jika penyidik nanti sudah pasti setelah putusan perkara korupsinya selesai. Maka akan dilanjutkan kepada TPPU. Nah TPPU ini bisa diterapkan sekali lagi kalau sudah ada putusan dulu ya ya dari pokok perkaranya," tandas Henry.

Lebih lanjut, Henry Indraguna mengingatkan kepada istri-istri yang suaminya rawan untuk terjerat kasus korupsi untuk memastikan tidak mengetahuinya.

"Makanya hati-hati istri-istri sekarang kalau suaminya melakukan tindak pindana korupsi. Pastikan tidak tahu, kalau tahu ya terjerat."

"Apalagi sudah tahu uang itu dihasilkan oleh tindak pidana korupsi. Istrinya mengaminkan memakai uang tersebut untuk kepentingan pribadi, pergi ke salon, makan, liburan dipakai buat usaha, beli foya-foya, arisan. Itu kena semua nanti, tindak pidana TPPU-nya kena semua," jelas Henry.

Tanggapan Henry Indraguna Soal Sandra Dewi yang Dibully Warganet

Belakangan ini, publik dibuat geram setelah mengetahui aset mewah yang dipamerkan Sandra Dewi selama ini diduga dari korupsi yang dilakukan suaminya.

Meskipun belum ada keputusan pengadilan yang menjukan artis kelahiran Bangka Belitung tersebut terlibat kasus korupsi.

Tetapi publik menduga jika Sandra Dewi ikut menikmati aliran dana tindak pidana korupsi Rp271 T itu.

Mendengar hal tersebut, Herry Indraguna merasa maklum akan hal tersebut.

Henry Indraguna saat menanggapi kasus korupsi suami Sandra Dewi, Harvey Moeis. Henry Indraguna saat menanggapi kasus korupsi suami Sandra Dewi, Harvey Moeis. (Tangkapan layar YouTube Seleb On Cam)

Menurutnya hal itu akibat perlakukan ibu dua anak tersebut yang kerap memamerkan sejumlah aset mewah yang dimilikinya.

"Nah kalau kita bicara nih kenapa netizen sekarang sudah mulai membully memvonis, padahal putusan pengadilan juga belum ada Apakah si HM ini salah atau tidak. Jadi ya saya bilang maklum," ucap Henry Indraguna.

"Jadi kenapa saya mengatakan ini maklum, seharusnya kalau kita mempunyai sesuatu ya sudahlah jangan dipamer-pamerkan."

"Karena kita ini harus punya rasa empati. Masih banyak masyarakat kita ini yang tidak mampu makan pun susah hidup pun susah," sambungnya.

Namun, sang pakar hukum juga mengingatkan agar masyarakat dapat mematuhi hukum yang berlaku.

Serta sabar untuk menunggu keputusan peradilan tentang tindak korupsi yang diduga dilakukan suami Sandra Dewi tersebut.

"Terakhir saya juga minta kepada masyarakat samasama patuhi hukum, mengerti akan hukum, melek hukum. Jadi ini dalam proses penyidikan dan penyelidikan."

"Ya mohon ditunggu saja ada putusannya. Nanti dari pengadilan berkekuatan hukum tetap baru kita bisa bicara ini korupsi ini koruptor atau ini bukan koruptor," pungkasnya.

(Tribunnews.com/M Alvian F)

Editor: Ayu Miftakhul Husna

Tag:  #henry #indraguna #tanggapi #dugaan #sandra #dewi #terlibat #korupsi #harvey #moeis #singgung #hobi #pamer #harta

KOMENTAR