Balinale Diakui sebagai Festival Dunia, Peluang Film Indonesia Masuk Nominasi Oscar Semakin Besar
Gelaran Bali International Film Festival atau yang biasa disebut Balinale yang baru saja mendapatkan Oscar Qualifying Festival. 
10:07
24 Oktober 2024

Balinale Diakui sebagai Festival Dunia, Peluang Film Indonesia Masuk Nominasi Oscar Semakin Besar

- Kabar baik untuk industri perfilman Indonesia, karena kini kesempatan karya film Indonesia untuk masuk nominasi Oscar semakin besar.

Gelaran Bali International Film Festival atau yang biasa disebut Balinale resmi diakui sebagai 'Festival Berkualifikasi Academy Award'.

Pengakuan ini membuat pemenang Kompetisi Film Pendek Balinale berkesempatan untuk dipertimbangkan dalam kompetisi Oscar di kategori Film Pendek Terbaik.

"Iyaa benar, tentu kami sangat senang menerima pengakuan dari Academy Oscar," ucap Direktur Festival Balinale, Deborah Gabinetti saat dihubungi awak media, Rabu (23/10/2024).

"Ini adalah perayaan atas semua pencapaian Balinale sebelumnya dan menjadi komitmen bagi masa depan festival," terusnya.

Dengan status ini, Balinale bisa semakin diperhitungkan di kancah internasional, memungkinkan festival tersebut menampilkan lebih banyak karya dari sineas Indonesia dan mancanegara. 

"Balinale pastinya memberikan wadah bagi para sineas Indonesia untuk mendapatkan pengakuan internasional, menemukan peluang baru, dan meningkatkan karir mereka," tambah Gabinetti.


Selama ini Balinale dikenal sebagai ajang yang menampilkan film-film dokumenter, naratif, film pendek, hingga karya eksperimental dari seluruh dunia. Setiap tahun, sekitar 60 hingga 80 film ditayangkan setelah melalui proses seleksi ketat oleh panitia.

Pencapaian ini merupakan momen bersejarah bagi festival film di Indonesia, khususnya Balinale yang juga menjadi festival pertama di Indonesia dengan status ‘Oscar Qualifying Festival’. 

 

Editor: Anita K Wardhani

Tag:  #balinale #diakui #sebagai #festival #dunia #peluang #film #indonesia #masuk #nominasi #oscar #semakin #besar

KOMENTAR