Kisah Inspiratif: Capek Jadi Zombie Smartphone, Wanita Ini Bangkit dan Ciptakan Aplikasi Anti-Kecanduan
Ilustrasi smartphone (Pexels/cottonbro studio)
15:32
9 Juli 2024

Kisah Inspiratif: Capek Jadi Zombie Smartphone, Wanita Ini Bangkit dan Ciptakan Aplikasi Anti-Kecanduan

Kecanduan menggunakan smartphone tentu dialami Sebagian orang di Dunia. Kisah menginspiratif datang dari Amerika Serikat.

Kita semua merasa khawatir ketika ponsel memberi tahu kita berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk terpaku pada layar selama seminggu terakhir.

Menyadur dari Unilad, seseorang bisa menghabiskan rata-rata empat setengah jam sehari di ponsel.

Seorang wanita di California Bernama Caroline Cadwell menjelaskan bahwa dia mengganti ponsel cerdasnya dengan 'dumbphone' yang hanya bisa mengirim pesan teks dan menelepon sebagai upaya untuk mengurangi waktu pemakaian perangkatnya.

Baca Juga: Kolaborasi Eksklusif Menghadirkan Smartphone dengan Elemen Sport Car

Diketahui Doomscrolling, istilah yang diciptakan pada tahun 2018 untuk mencerminkan waktu berlebihan yang dihabiskan orang untuk menelusuri berita atau konten di ponsel mereka, menjadi hal yang terlalu berat bagi setelah dia menyadari bahwa dia telah kehilangan kendali atas sebagian hidupnya.

"Saya meninggalkan pekerjaan karena kelelahan, dan menghabiskan hampir tiga bulan dalam apa yang saya gambarkan sebagai mode zombie."

Cadwell menjelaskan bahwa dia memutuskan untuk beralih setelah menghabiskan satu musim panas sepenuhnya tenggelam dalam ponsel pintarnya - sedemikian rupa sehingga dia mengajak anjingnya berjalan-jalan dan tidak ingat ke mana dia berjalan.

Dia melanjutkan: "Saat itu musim panas, dan saya hampir tidak mengingatnya - saya tidak melakukan apa pun. Saat itulah saya hampir kehabisan waktu dan merasa lebih baik sehingga saya mulai merenungkan apa, tentang kelelahan saya, yang berada dalam kendali saya, dan faktor terbesar yang berkontribusi adalah kurangnya batasan dalam pekerjaan."

Berbicara tentang bagaimana hidupnya telah berubah, dia menambahkan: "Ruang dan waktu, begitulah cara saya menggambarkannya. Sungguh menakjubkan betapa banyak manfaat yang dapat diperoleh hubungan Anda dengan melepaskannya."

Baca Juga: Andalkan Snapdragon 8 Gen 4, Xiaomi 15 Pro Bawa Baterai Jumbo

Sejak kebangkitannya, Cadwell telah meluncurkan 'Unpluq', sebuah aplikasi yang mengunci aplikasi lain di ponsel cerdas Anda untuk mencegah doomscrolling sehingga orang dapat menggunakan ponsel mereka dengan cara yang lebih sehat.

Selain sebuah aplikasi, layanan ini juga telah meluncurkan tag fisik yang dapat digunakan untuk membuka kunci aplikasi dengan mengetuk ponsel cerdas Anda.

Cadwell berkata: "Saya pikir orang-orang mulai menyadari bahaya media sosial dan ponsel pintar dalam skala besar - sangat sedikit yang menurut saya akan berpendapat bahwa hal tersebut 100 persen baik bagi kita, atau bahwa media sosial hanya baik.

“Apakah ada ruang bagi lebih banyak orang untuk mengambil tindakan lebih banyak? Tentu saja, dan kita mulai melihatnya, tapi saya pikir generasi muda akan memimpin dalam memiliki hubungan yang berbeda dengan ponsel pintar mereka sejak awal.”

Ganggu Kejiwaan

Dikutip dari ANTARA, Smartphone dan tablet dapat menyebabkan sejumlah problem kesehatan mulai dari masalah postur hingga yang terkait kejiwaan.

Sebuah studi oleh Nokia seperti dikutip mailonline mengungkapkan bahwa beberapa orang memeriksa ponsel mereka hingga 150 kali setiap sehari.

Hal ini dapat memicu masalah kesehatan seperti "text claw" dan "iPosture".

Phil Reed, profesor psikologi di Swansea University dan pakar kecanduan internet, menjelaskan sejumlah ciri-ciri kecanduan telepon.

"Mereka bisa jadi sulit tidur, berbohong tentang menggunakan telepon mereka di hadapan teman-teman dan keluarga - sembunyi-sembunyi mengecek telepon, dan cemas jika tidak terhubung hingga berakibat negatif pada suasana hati."

Dr Reed mengungkapkan masalah kesehatan akibat kecanduan smartphone :

Nomophobia

No -mobile - phone - phobia, atau nomophobia, istilah ketika orang cemas akibat kehilangan ponsel, kehabisan baterai, tanpa pulsa, atau tidak ada jaringan.

Gejalanya antara lain tidak bisa mematikan ponsel, sebentar-sebentar mengecek ponsel, terus menerus mengisi baterai, dan membawa ponsel ke kamar mandi.

Sleep texting

Orang yang benar-benar kecanduan dengan smartphone bahkan bisa berkirim teks saat tidur.

Umumnya, sleep texting terjadi pada dua jam pertama ketika orang tidur dan secara tidak sadar mereka mengirim pesan.

Cybersickness

Ini adalah efek samping dari fitur tiga dimensi iPhone dan iPad.

Masalah tersebut terjadi ketika otak tertipu untuk percaya adanya gerakan padahal sebenarnya tidak ada gerakan.

Hal itu dapat memicu mual dan pusing serta mata tegang.

Text claw

Terlalu banyak mengetik di smartphone dapat menimbulkan rasa nyeri dan kram pada jari-jari, pergelangan tangan dan lengan bawah.

Gejala tersebut dapat dikurangi dengan menggunakan sentuhan ringan pada keypad, tidak mencengkeram telepon terlalu keras dan menjaga postur tubuh dengan baik karena otot leher terhubung ke otot ibu jari .

iPosture

Hal ini mengacu pada masalah akibat menundukkan kepala saat menatap layar komputer maupun smartphone.

Kepala manusia beratnya sekitar lima kg sehingga jika menunduk terlalu lama maka tulang belakang mendapat tekanan lebih yang bisa mendatangkan nyeri leher, kepala, dan bahu.

Screen sightedness

Jumlah kasus rabun akibat terlalu lama menatap layar komputer telah melonjak naik dan diperkirakan akan naik 50 persen dalam 10 tahun mendatang.

Dry eye sindrom

Saat orang berkonsentrasi menatap layar komputer, tingkat kedipan berkurang hingga hanya sepertiganya.

Hal ini mengakibatkan sindrom mata kering yang bisa menyebabkan kerusakan mata permanen.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #kisah #inspiratif #capek #jadi #zombie #smartphone #wanita #bangkit #ciptakan #aplikasi #anti #kecanduan

KOMENTAR