5 Hack Rahasia PowerPoint yang Wajib Diketahui
Microsoft powerpoint (Twitter/Microsoft office)
09:56
9 Juli 2024

5 Hack Rahasia PowerPoint yang Wajib Diketahui

Microsoft PowerPoint telah lama diandalkan untuk membuat presentasi di berbagai bidang. Alat ini sangat mudah digunakan dan memiliki beragam fitur.

Namun jika pengguna ingin benar-benar menguasainya, ada beberapa hack rahasia untuk PowerPoint. Berikut ini beberapa hack rahasia PowerPoint yang wajib diketahui:

1. Tekan F5 untuk segera ditayangkan

Untuk meluncurkan presentasi, pengguna tidak perlu repot untuk mengklik ikon kecil di kanan bawah layar. Ada cara yang lebih sederhana untuk melakukan ini, yaitu dengan menekan F5 pada keyboard.

Baca Juga: Cara Membuat Presentasi di Canva, Gampang Banget!

2. Copy dengan cara profesional

Pengguna umumnya menggunakan fungsi CTRL + C diikuti oleh CTRL + V untuk menyalin dan menempelkan teks dan objek dalam slide PowerPoint.

Namun ketika membuat banyak salinan dengan bentuk yang sama untuk membuat pola simetris, ada beberapa trik tambahan yang perlu diketahui.

Biasanya, saat pengguna menyalin dan menempelkan objek, objek baru akan tumpang tindih dengan bentuk aslinya. Agar cara ini lebih efisien, klik pada objek yang ingin disalin, lalu tahan tombol CTRL + Shift sambil mengklik dan tahan tombol mouse pada objek tersebut.

3. Gunakan SmartArt

Baca Juga: 5 Fitur Rahasia HyperOS Terbaik di HP Xiaomi

Ada banyak pilihan bentuk default yang dapat diambahkan ke slide, tetapi jika pengguna tidak kreatif, pengguna bisa memanfaatkan SmartArt.

Untuk mengaksesnya, cukup mengklik Insert > SmartArt. Kemudian pilih bentuk yang diinginkan.

Ilustrasi MS Powerpoint. [Shutterstock]Ilustrasi MS Powerpoint. [Shutterstock]

4. Menggabungkan bentuk

Jika pengguna suka membuat bentuk sendiri, maka alternatif yang berguna selain mengelompokkan objek untuk membuat yang baru, adalah dengan menggunakan alat Merge Shapes.

Pengguna dapat membuat objek yang diinginkan dengan membuat lingkaran berwarna putih, menempatkannya di atas persegi, dan kemudian mengelompokkan objek-objek tersebut menjadi satu.

Namun, jika slide pengguna akan memiliki banyak bentuk yang kompleks, maka ukuran file untuk keseluruhan PowerPoint akan membengkak karena objek yang dikelompokkan tetap menjadi entitas yang terpisah.

Keuntungan penggabungan adalah semuanya hanya menjadi satu objek. Untuk menggabungkan bentuk yang diinginkan, pilih bentuk tersebut dengan menyeret kotak sorotan di sekelilingnya atau tahan CTRL dan klik pada masing-masing bentuk yang ingin digabungkan.

5. Memutar bentuk

Ada beberapa cara memutar bentuk di PowerPoint versi terbaru. Klik pada objek dan pengguna akan melihat panah berputar, terkait dengan bentuk pengguna dapat mengklik dan tahan, lalu gerakkan mouse untuk memutar.

Cara terbaik untuk memutar objek adalah dengan menggunakan keyboard. Pengguna dapat menahan ALT lalu tekan tombol panah kiri atau kanan untuk memutar bentuk sebesar 15 derajat atau tahan ALT+CTRL lalu ke kiri atau kanan untuk memutar bentuk sebesar 1 derajat.

Itulah beberapa hack rahasia PowerPoint yang wajib diketahui pengguna.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #hack #rahasia #powerpoint #yang #wajib #diketahui

KOMENTAR