Nggak Nyaman untuk Penumpang, Ini  5 Mobil Kecil yang Tidak Direkomendasikan untuk Mudik
Ilustrasi: Suzuki S-Presso, salah satu mobil mungil yang kurang cocok untuk mudik. (RianAlfianto/JawaPos.com)
15:24
4 April 2024

Nggak Nyaman untuk Penumpang, Ini 5 Mobil Kecil yang Tidak Direkomendasikan untuk Mudik

  Beberapa hari lagi kita, masyarakat Muslim di seluruh dunia akan merayakan hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Seperti tradisi sebelum-sebelumnya, Lebaran khususnya Idul Fitri identik dengan melakukan perjalanan mudik, pulang ke kampung halaman dan merayakannya bersama keluarga.   Menempuh perjalanan mudik sendiri bisa dengan berbagai cara, salah satunya dan jadi favorit adalah menggunakan mobil pribadi. Entah punya atau menyewa, mobil pribadi biasanya dipakai mudik dengan disesaki penumpang orang dan barang yang banyak.   Itu juga salah satu alasan kenapa mobil yang punya "banyak pintu" laris manis di Indonesia. Mengingat keperluan mudik Lebaran yang biasa mengangkut banyak orang dan barang, ada jenis mobil yang kurang cocok diajak menempuh perjalanan jauh ke kampung halaman.    Mobil tersebut adalah mobil berukuran kecil, city car, yang dimensi serta ruang kabinnya kecil. Mobil apa saja itu? Berikut beberapa yang populer di Indonesia:  

  Suzuki S-Presso   Mobil pertama yang dilihat dari dimensinya kurang cocok untuk menempuh perjalanan mudik Lebaran dengan rute jauh adalah Suzuki S-Presso. Namanya mirip kopi, tapi ini mobil. Ukurannya mungil.   Suzuki S-Presso adalah mobil berjenis hatchback lima pintu dengan konfigurasi mesin tiga silinder segaris. Dimensi mobil ini adalah 3.565 mm panjang x 1.520 mm lebar x 1.565 mm tinggi dengan sistem penggerak roda depan dan karena ukurannya kecil, cc nya juga kecil yakni hanya 1.000 cc saja.  

  Renault Kwid Climber   Mobil kecil berikutnya yang juga kurang cocok untuk mudik dan melibas perjalanan panjang adalah Renault Kwid Climber. Ya, pabrikan Eropa ini belakangan juga gencar ikut bertarung di pasar otomotif dalam negeri dengan menghadirkan banyak model mobil, mulai dari SUV sampai city car.   Renault Kwid Climber juga dibekali mesin yang kecil yakni hanya 1 liter tiga silinder segaris. Dimensinya juga kecil yakni 3.731 mm panjang x 1.579 mm lebar x 1490 mm tinggi dengan konsep hatchback lima pintu sama seperti Suzuki S-Presso.  

  Honda Brio   Honda Brio juga kurang cocok dipakai mudik Lebaran. Apalagi model generasi pertamanya. Kecil, sempit, ruang bagasinya juga sama, nggak bisa muat banyak barang, sempit.   Hatchback lima pintu ini memiliki mesin juga nggak jauh-jauh dari 1.000 cc yakni hanya 1,2 liter empat silinder segaris saja.   Nggak beda jauh dengan Suzuki S-Presso dan Renault Kwid Climber, dimensinya juga mirip yakni 3.795-3.810 mm panjang x 1.680 mm lebar x 1.485 mm tinggi.  

  Toyota Agya   Kemudian ada Toyota Agya. Baik yang model lama ataupun model baru, dimensinya dan mesinnya nggak beda jauh. Kembarannya yakni Daihatsu Ayla juga demikian, kecil, nggak cocok untuk mudik jarak jauh.   Toyota Agya sendiri memiliki mesin 1.200 cc tiga silinder segaris. Merupakan hatchback lima pintu, mobil ini memiliki dimensi 3.760-3.830 mm panjang x 1.665 mm lebar x 1.505 mm tinggi dan penggerak depan yang secara dimensi kurang pas untuk perjalanan jauh.  

  Mitsubishi Mirage   Terakhir, mobil kecil yang kurang cocok untuk perjalanan mudik adalah Mitsubishi Mirage. Mobil ini memang jarang terlihat di jalanan, maklum, kurang laku.    Mobil Mitsubishi tersebut memiliki kapasitas mesin tiga silinder segaris dengan kubikasi hanya 1,2 liter saja. Mitsubishi Mirage juga kurang cocok untuk mudik karena dimensinya yang mungil yakni 3.710 mm panjang x 1.665 mm lebar dan 1.490 mm tinggi.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #nggak #nyaman #untuk #penumpang #mobil #kecil #yang #tidak #direkomendasikan #untuk #mudik

KOMENTAR