Punya Mobil VinFast Minimal Setahun Keluar Rp 18 Juta untuk Sewa Baterai di Luar Harga Mobil yang Rp 300 Jutaan, Murah atau Mahal?
Mobil listrik VinFast BF e34 resmi dijual di Indonesia (Istimewa)
13:40
29 Maret 2024

Punya Mobil VinFast Minimal Setahun Keluar Rp 18 Juta untuk Sewa Baterai di Luar Harga Mobil yang Rp 300 Jutaan, Murah atau Mahal?

 

VinFast mulai menjual mobil listriknya ke konsumen di Indonesia. Pabrikan asal Vietnam yang baru mengumumkan ekspansinya ke Tanah Air bulan lalu itu menjual unit pertamanya yakni SUV listrik VF e34.

 

SUV elektrik segmen C dengan konfigurasi penggerak kanan, menandai debut VinFast di pasar Indonesia. Yang unik dari pengumuman tersebut adalah perusahaan juga telah memperkenalkan kebijakan berlangganan baterai unik yang diyakini akan membantu mengurangi biaya pembelian di muka.

Dengan tujuan mempopulerkan mobilitas ramah lingkungan dan memperkuat daya saingnya di Indonesia, VinFast juga telah meluncurkan kebijakan berlangganan baterai yang unik dan inovatif. Hal itu bisa membantu mengurangi harga pembelian di muka dan biaya operasional berkelanjutan.

Gampangnya, harga Rp 300 jutaan untuk meminang mobil listrik VinFast belum termasuk dengan baterai. Lalu, berapa biaya sewa baterainya?

Melalui keterangan resmi yang diterima JawaPos.com, pelanggan harus membayar Rp 1.500.000 per bulan untuk jarak hingga 3.000 km dan Rp 2.600.000 per bulan untuk jarak di atas 3.000 km.

Pendekatan tersebut diyakini untuk memastikan bahwa gabungan biaya berlangganan baterai dan pengisian daya tetap jauh lebih rendah dibandingkan mengoperasikan mobil berbahan bakar bensin di segmen yang sama untuk orang yang sering mengemudi.

CEO VinFast Indonesia Tran Quoc Huy mengatakan, dengan model VF e34 yang modern, bertenaga, dan mumpuni, pihaknya berambisi untuk mendukung konsumen Indonesia dalam perjalanan mereka menuju masa depan transportasi yang berkelanjutan.

Detail lainnya, menurut kebijakan berlangganan baterai, VinFast akan merawat dan mengganti baterai secara gratis jika kapasitasnya turun di bawah 70 persen. ’’Itu mengurangi beban potensi biaya perbaikan atau penggantian baterai, serta memastikan ketenangan pikiran bagi pelanggan selama kepemilikan baterai. VF e34,’’ terang dia

Selain itu, VF e34 dilengkapi dengan garansi standar VinFast selama 10 tahun untuk kendaraannya. Bagaimana, murah atau mahal? Selama setahun kepemilikan mobil listrik VinFast, minimal Anda mesti mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa baterai sebesar Rp 18 juta.

Jika ingin merawat mobil listrik VinFast sampai usia produktif rata-rata orang melakukan penggantian mobil di tahun kelima, maka Anda mesti mengeluarkan biaya sampai Rp 90 juta. Kaum mendang-mending silahan berpendapat, apakah itu biaya yang wajah atau terlalu mahal? (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #punya #mobil #vinfast #minimal #setahun #keluar #juta #untuk #sewa #baterai #luar #harga #mobil #yang #jutaan #murah #atau #mahal

KOMENTAR