BMW Luncurkan Sedan Listrik i5 di Indonesia, Bisa Jakarta-Semarang Sekali Ngecas
Sedan listrik BMW i5 meluncur di Indonesia. (Istimewa).
06:48
27 Maret 2024

BMW Luncurkan Sedan Listrik i5 di Indonesia, Bisa Jakarta-Semarang Sekali Ngecas

BMW kembali menambah portofolio kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) nya di Indonesia. Di pertengahan Ramadhan 2024 ini, BMW merilis BMW i5 eDrive40 M Sport, generasi baru sedan bisnis terlaris BMW yang kali ini hadir dalam mesin full listrik.   Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia mengatakan, BMW i5 diproduksi di pabrik yang paling terkemuka di Eropa, BMW Group Plant Dingolfing di Bavaria Selatan, yang merayakan hari jadinya yang ke-50 pada tahun 2023.    "Fakta menariknya, kendaraan pertama yang diproduksi di pabrik ini adalah generasi pertama BMW Seri 5 Sedan. BMW Group Plant Dingolfing juga merupakan salah satu fasilitas paling modern kami, tuan rumah BMW Group E-drive Production Competence Centre. Apalagi motor listrik dan baterai tegangan tinggi untuk BMW i5 diproduksi langsung di lokasi," jelas Ramesh di Jakarta, Selasa (26/3).  

  Ramesh menambahkan, BMW Seri 5 adalah pemimpin pasar global di segmen premium dibandingkan para kompetitornya. Sejak awal hingga saat ini, ini telah menjadi salah satu pilar terpenting dalam portofolio produk BMW. Pada 2023, lebih dari sepuluh juta unit BMW Seri 5 telah diproduksi.   "Dengan diperkenalkannya BMW i5, BMW Group sekali lagi memperluas rangkaian kendaraan bertenaga full-listrik,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia," imbuh Ramesh.   Hadir dalam varian BMW i5, generasi terbaru sedan bisnis terlaris di dunia ini diklaim akan memimpin mobilitas premium yang berkelanjutan di segmen kendaraan mid-size premium.   

  Mobil listrik ini ditawarkan dalam 8 pilihan warna eksterior: M Carbon Black metallic, Phytonic Blue metallic, Oxide Grey metallic, M Brooklyn Grey metallic, Black Sapphire metallic, Cape York Green metallic, Sophisto Grey brilliant effect metallic, dan Mineral White metallic.   Motor listrik BMW i5 eDrive40 menggerakkan roda belakang dan menghasilkan output maksimum 340 hp dan torsi maksimum hingga 430 Nm dengan fungsi Sport Boost atau Launch Control. BMW i5 eDrive40 berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 6,0 detik.   Baterai tegangan tinggi yang hemat ruang terletak di bagian bawah bodi mobil dan menyediakan energi sebesar 81,2 kWh yang dapat digunakan. Selain motor listrik yang efisien, versi terbaru dari pemulihan adaptif dan kombinasi cerdas teknologi pompa panas untuk memanaskan dan mendinginkan interior, penggerak, dan baterai bertegangan tinggi berkontribusi pada jarak jauh.   Dengan nilai WLTP sejauh hingga 582 kilometer, BMW i5 eDrive40 sangat cocok untuk digunakan sehari-hari. Rentang jarak tersebut bisa sampai dari Jakarta menuju Semarang dalam sekali pengisian daya.  

  Dengan fungsi MAX RANGE yang baru, jangkauan dapat ditingkatkan hingga 25 persen jika diperlukan dengan membatasi daya dan kecepatan serta menonaktifkan fungsi kenyamanan.   Mobil tersebut juga hadir dengan Unit Pengisian Gabungan (CCU) BMW i5 memungkinkan pengisian daya AC dengan output hingga 22 kW sebagai standar. Baterai bertegangan tinggi tersebut dapat diisi dengan arus searah dengan daya hingga 205 kW. Dengan kata lain, pengisian baterai pada BMW i5 dapat ditingkatkan dari 10 menjadi 80 persen dalam waktu sekitar 30 menit.   Sayangnya, harga BMW i5 eDrive40 M Sport belum diungkap dan akan diumumkan secara resmi pada peluncuran bagi pelanggan dan akan tersedia di seluruh Diler Resmi BMW mulai April 2024. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #luncurkan #sedan #listrik #indonesia #bisa #jakarta #semarang #sekali #ngecas

KOMENTAR