Gelar Pelatihan Online untuk Mahasiswa, Cybesjob Bagikan Kiat Bersaing di Bursa Kerja
Materi pelatihan kerja untuk mahasiswa yang diselenggarakan via online oleh Talenthub Digital Indonesia. Kamis (22/2/2024). Pelatihan ini menekankan pengetahuan tentang cara berkomunikasi, time management, team work, leadership, problem solving, conflict management dan manajemen stres di lingkungan kerja. 
12:30
25 Februari 2024

Gelar Pelatihan Online untuk Mahasiswa, Cybesjob Bagikan Kiat Bersaing di Bursa Kerja

Rendahnya angka penerimaan tenaga kerja dari kalangan fresh graduate atau lulusan baru menjadi persoalan serius bagi para pencari kerja dan kemudian berdampak pada makin bertambahnya angka pengangguran dari kelompok ini di Indonesia.

Dilatarbelakangi hal tersebut, Talenthub Digital Indonesia (TDI) menyelenggarakan workshop online untuk mempersiapkan mahasiswa dan lulusan baru agar bisa membekali diri mereka dengan pengetahuan dan kecakapan penuh agar kompetitif di dunia pasar kerja.

Program ini diselenggarakan oleh Divisi Cybersjob TDI menggelar Blusukan Online dengan mengangkat tema pelatihan Etos Kerja bagi Mahasiswa dalam Program Studi Independen dengan menghadirkan Sandy Kusuma sebagai mentor, Kamis (22/2/2024).

Pelatihan ini menekankan pengetahuan tentang cara berkomunikasi, time management, team work, leadership, problem solving, conflict management, dan stress management.

Dalam paparannya, Sandi Kusuma mengatakan, salah satu hal yang harus dimiliki oleh para pencari kerja adalah etos kerja yang tinggi agar orang lain akan memberikan penilaian positif.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan ilmu kepada mahasiswa sebagai persiapan dalam menghadapi dunia kerja nanti,” ujar Sandy.

Dia menggarisbawahi tentang “Knowing Your Self”, atau kenali diri terlebih dulu.

“Mengenali diri sendiri bisa dilakukan dengan cara mengintropeksi diri sendiri atau meminta orang lain untuk melakukan kritik terhadap diri kita. Ketika kita sudah mengenali diri kita, kita dapat memperbaiki hal yang kurang baik yang ada dalam diri dan membuat branding baru mengenai diri kita,” ujar Sandy.

Jadi, menurut pakar ketenagakerjaan di bidang hospitality ini, calon tenaga kerja harus mampu membangun motivasi diri, tetap optimis, dan menciptakan personal branding yang baik.

“Karena sangat penting bagi calon pekerja ketika sudah memasuki dunia kerja. Bukan hanya Hard Skill yang dibutuhkan, tetapi juga Soft Skill,” beber Sandy.

Pelatihan ini mendapat sambutan hangat peserta dari kalangan mahasiswa. Berbagai pertanyaan yang interaktif dengan mentor terus bergulir selama sesi pelatihan. Sejumlah mahasiswa juga menyampaikan sharing pengalaman mereka bekerja di berbagai intansi.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #gelar #pelatihan #online #untuk #mahasiswa #cybesjob #bagikan #kiat #bersaing #bursa #kerja

KOMENTAR