Bos Google Tutup Layanan AI Gemini, Ungkap Permintaan Maaf Akibat Tak Akurat Tampilkan Foto
Ilustrasi aplikasi AI Gemini Google 
05:36
25 Februari 2024

Bos Google Tutup Layanan AI Gemini, Ungkap Permintaan Maaf Akibat Tak Akurat Tampilkan Foto

Bos Google, Sundar Pichai mengumumkan telah menutup sementara fitur pembuatan gambar kecerdasan buatan Gemini, kebijakan ini diambil usai Gemini banjir kritikan usai menampilkan hasil foto yang tidak akurat.

“Kami sudah bekerja untuk mengatasi masalah baru-baru ini dengan fitur pembuatan gambar Gemini. Kami akan menghentikan sementara pembuatan gambar orang dan akan segera merilis versi yang lebih baik,” kata juru bicara Google, dikutip dari CNBC International.

Sebelum resmi dihentikan, sosial media sempat dihebohkan dengan hasil gambar yang ditampilkan platform AI buatan Google tersebut, Dimana layanan Gemini menggambarkan Founding Fathers bukan sebagai pria berkulit putih.

Begitu pula dengan tentara Jerman di era Nazi yang ditampilkan sebagai orang Asia, bahkan ada yang wanita.

Karena hasil yang ditampilkan tidak sesuai dengan sejarah yang telah ada, banyak pihak mengecam layanan AI Google.

Mereka bahkan mendesak Google untuk segera mengambil tindakan untuk mencegah terjadinya misinformasi yang lebih luas.

Menanggapi ramainya komentar miring terkait layanan AI besutannya, Google akhirnya buka suara. Juru bicara perusahaan mengungkap permintaan maaf dan berkomitmen untuk memperbaiki fitur ini sebelum merilisnya kembali.

Dalam kesempatan itu Google mengatakan ada dua hal yang menyebabkan terciptanya gambar tidak akurat.

Pertama, perusahaan menjelaskan masalah pertama terkait bagaimana Gemini disesuaikan untuk memastikan sejumlah orang digambarkan dalam gambar.

Sementara masalah kedua terjadi karena Gemini gagal memperhitungkan kasus-kasus yang seharusnya tidak menunjukkan kisaran secara jelas dan dianggap sensitif.

Keluhan seperti ini bukan kali pertama yang diterima Gemini, teknologi kecerdasan buatan yang dirilis pada 2023 kemarin dengan nama awal Brad sempat banjir komentar negatif dari karyawan Google sendiri.

Para pegawai Google itu menggunakan forum internal populer Memegen untuk mengungkapkan pendapat mereka tentang pengumuman Bard.

Banyak yang menyebutnya peluncuran layanan AI itu terlalu terburu-buru dan gagal, karena Bard yang kini berganti nama menjadi Gemini tidak dapat menjawab pertanyaan pengguna dengan cara yang memuaskan, selain itu jawaban yang diberikan dinilai terlalu terbuka, menantang, atau aneh.

Imbas komentar negatif ini pada awal tahun lalu saham Alphabet anjlok lebih dari 9 persen, hingga AI buatan OpenAI itu rencam memicu kebangkrutan bisnis pencarian inti Google.

"Sundar yang terhormat, peluncuran Bard dan PHK dilakukan dengan tergesa-gesa, rusak, dan rabun," tulis salah satu meme yang menyertakan foto Pichai dengan ekspresi serius. Meme lainnya bernada serupa.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #google #tutup #layanan #gemini #ungkap #permintaan #maaf #akibat #akurat #tampilkan #foto

KOMENTAR