Jarang Terlihat di Jalanan, Ini Deretan Mobil Langka Honda yang Keluar di Acara Honda Culture Indonesia 2024
Salah satu mobil langkah Honda di acara Honda Culture Indonesia 2024. (Istimewa).
07:52
20 Oktober 2024

Jarang Terlihat di Jalanan, Ini Deretan Mobil Langka Honda yang Keluar di Acara Honda Culture Indonesia 2024

  Honda mengadakan perayaan budaya otomotif yang diklaim terbesar untuk komunitas Honda bertajuk Honda Culture Indonesia pada Sabtu (19/10) 2024 di Cibis Park, Jakarta Selatan. Acara ini diselenggarakan untuk merayakan eksistensi Honda di ranah otomotif nasional dan global, sekaligus menjadi ajang pertemuan komunitas Honda terbesar.    Beragam kegiatan menarik seperti kompetisi modifikasi, pameran mobil legendaris Honda, pertunjukan hiburan, serta aktivitas seru lainnya siap dinikmati oleh seluruh keluarga. Salah satu yang menarik dari acara ini adalah keluarnya mobil-mobil langka Honda yang jarang terlihat di jalanan.   Honda Culture Indonesia dimeriahkan oleh 28 komunitas Honda lintas generasi dan model, juga terbuka untuk masyarakat umum. Acara ini juga menampilkan berbagai model Honda lintas generasi yang dipamerkan dalam beberapa area yang berbeda, seperti Heritage Display Area, Rare Display Area, dan Extreme Modification Display Area.  

  Shugo Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengungkapkan, di berbagai belahan dunia, setiap komunitas Honda selalu mempunyai karakter khas yang disebut sebagai kultur Honda, dan kami bangga dapat menunjukkannya juga di Indonesia.    "Ajang ini bukan hanya menunjukkan mobil dan kultur otomotif namun juga orang-orang yang memiliki semangat dan kecintaan yang sama terhadap Honda," ujar Shugo di acara tersebut.   Di Heritage Area, tampil mobil langka Honda Civic CVCC Coupe. Honda Civic CVCC Coupe tahun 1979 merupakan model penting yang memperkenalkan teknologi mesin CVCC (Compound Vortex Controlled Combustion), dengan mesin 1.5 liter yang menghasilkan sekitar 55 Hp, mobil ini dirancang untuk memberikan performa baik sekaligus sangat hemat bahan bakar.   Teknologi CVCC pada model ini berperan penting dalam membangun mobil yang andal dan ramah lingkungan sehingga Honda meraih penghargaan dari EPA (Environmental Protection Agency) di Amerika Serikat.  

  Kemudian ada juga Honda Life. Honda Life pertama kali diperkenalkan pada tahun 1971, mobil ini memiliki mesin 356cc yang mampu menghasilkan sekitar 30-36 Hp. Kehadiran Honda Life menjadi salah satu pionir dalam segmen kei car, memperkuat posisi Honda di pasar mobil kecil dan membantu meningkatkan penjualan domestik.    Model ini memiliki beberapa varian, termasuk Life Step Van, yang merupakan salah satu mobil keluarga kompak pertama dengan ruang kargo yang luas. Warisan Honda Life sebagai kendaraan kota yang praktis tetap hidup dalam model-model terbarunya.   Selanjutnya ada Honda Civic Gen 2. Honda Civic generasi kedua diluncurkan pada tahun 1983, model ini memiliki pilihan mesin 1.3 liter dan 1.5 liter empat silinder yang menghasilkan tenaga 55 hingga 67 Hp. Mobil ini Dikenal dengan desainnya yang lebih modern serta dirancang dengan fokus pada kenyamanan dan fungsionalitas dan ruang kabin cukup lapang untuk ukuran mobil kompak pada masanya, dengan kursi yang ergonomis dan dukungan yang baik.   Nggak ketinggalan, ada juga cikal bakal Civic Turbo. Pada tahun 1982, Honda City hadir dengan mesin turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 67 PS.   

  Mobil ini memiliki desain yang ramping menawarkan performa lincah dan tenaga yang impresif sehingga menjadikannya populer di kalangan pencinta otomotif. Honda City generasi pertama ini juga sering disebut sebagai City Motocompo karena memang dijual bersamaan dengan scooter legendaris Honda bermesin 50 cc tersebut.   Sementara di Rare Display Area, ada Honda S800. Honda S800 diluncurkan pada tahun 1964, mobil ini ditenagai oleh mesin sebesar 791cc, 4 silinder yang mampu menghasilkan 70 tenaga kuda pada 8.000 rpm, sebuah performa luar biasa untuk mobil kecil di zamannya.   Dengan pilihan bodi coupe, Honda S800 dikenal dengan desainnya yang sporty dan ringan, serta sistem penggerak roda belakang. Mobil ini mampu mencapai kecepatan maksimum 160 km/jam, membuatnya menjadi mobil sport yang sangat diminati pada dekade 1960-an.   Belum selesai, masih ada Honda NSX. Honda NSX pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990, adalah mobil sport ikonik yang menggabungkan performa tinggi dengan keandalan dan teknologi inovatif. Ditenagai oleh mesin 3.0L V6 dengan teknologi VTEC, NSX mampu menghasilkan tenaga sekitar 270 Hp, menjadikannya salah satu mobil sport tercanggih di masanya.   

  Mobil ini dirancang dengan masukan dari pembalap legendaris Ayrton Senna, yang turut menyempurnakan handling dan stabilitasnya. Desain bodinya yang aerodinamis, menggunakan material aluminium, menjadikannya ringan dan bertenaga, dengan akselerasi yang responsif dan performa luar biasa.   Lagi, ada Honda CR-X, yang diperkenalkan pada tahun 1983 memiliki varian mesin 1.3 liter dan 1.5 liter empat silinder yang menghasilkan 58 hingga 91 Hp. Sebagai compact hatchback yang sporty, Honda CR-X memiliki kelebihan dengan bobotnya yang ringan dan handling yang lincah, menjadikannya sangat populer di kalangan penggemar mobil.     Selain memiliki performa yang bertenaga, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien, terutama pada varian HF (High Fuel Economy), yang terkenal karena mencapai efisiensi hingga 21,3 kilometer per liter (km/L).   Nggak cuma mobil langka, ada juga sepeda motor langka yakni Honda CB 400 K0, yang diluncurkan pada tahun 1975, adalah salah satu sepeda motor klasik yang ikonik dalam sejarah Honda. Dengan mesin 397cc berpendingin udara, CB 400 K0 mampu menghasilkan tenaga sekitar 43 Hp.    Desainnya yang ramping dan ergonomis. CB 400 K0 tidak hanya menjadi favorit di kalangan penggemar sepeda motor klasik, tetapi juga mencerminkan semangat inovasi dan keandalan yang selalu diusung oleh Honda. Warisannya terus hidup dalam budaya otomotif, menjadi simbol dari era keemasan sepeda motor Jepang.  

  Kemudian ada Honda CB 750 K0, yang diluncurkan pada tahun 1969, adalah sepeda motor ikonik yang sering dianggap sebagai pelopor kategori superbike. Ditenagai oleh mesin empat silinder segaris berkapasitas 736cc, CB750 K0 mampu menghasilkan tenaga maksimum sekitar 68 Hp.    Motor ini memiliki desainnya yang elegan dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif seperti sistem rem cakram depan yang pertama kali diterapkan pada sepeda motor produksi massal, serta rangka yang kuat dan stabil. CB750 K0 juga dikenal dengan kenyamanannya, berkat posisi berkendara yang ergonomis dan suspensi yang baik.   Terakhir, ditampilkan juga Honda Civic EG adalah hasil kolaborasi Honda dengan Hot Wheels, yang pertama kali ditampilkan pada GIIAS 2024 dan mendapatkan sambutan yang antusias.    Model Honda Civic EG sendiri merupakan salah satu model ikonik dari generasi kelima Honda Civic, yang dikenal dengan desain bodi aerodinamis khas mobil hatchback yang menonjolkan tampilan sporty dengan desain lampu memanjang dengan lekukan membulat memberikan tampilan yang tak lekang oleh waktu dan membangkitkan kultur modifikasi.    Desain pada bagian eksterior mobil ini menggunakan elemen desain eksklusif dengan livery legendaris yang digunakan pada ajang balap.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #jarang #terlihat #jalanan #deretan #mobil #langka #honda #yang #keluar #acara #honda #culture #indonesia #2024

KOMENTAR