Cara Memperbaiki Layar Laptop yang Rusak
Ilustrasi Laptop (Unsplash/Kari Shea)
14:40
2 Pebruari 2024

Cara Memperbaiki Layar Laptop yang Rusak

Jika layar laptop rusak secara fisik, pengguna mungkin tak sengaja menjatuhkannya atau ada sesuatu yang terjatuh di atasnya.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan layar laptop tidak berfungsi atau tampak rusak, seperti piksel macet, layar terbakar, lampu latar tidak berfungsi, masalah kabel dan konektor, serta driver yang ketinggalan jaman.

Berikut ini cara memperbaiki layar laptop rusak:

1. Coba restart laptop

Layar yang tidak tampak berfungsi mungkin disebabkan oleh masalah sistem operasi yang dapat diselesaikan dengan reboot sederhana. Karena memulai ulang sangat mudah, ini harus menjadi hal pertama yang pengguna coba.

2. Bersihkan kotoran

Periksa area keyboard dan layar apakah ada kotoran, lalu bersihkan secara menyeluruh. Jika laptop pengguna menggunakan kait yang terlihat, bersihkan mekanisme kaitnya.

Tutup laptop dengan hati-hati, pastikan tertutup sepenuhnya, lalu buka kembali. Jika layar terkadang menyala dan terkadang tidak, pengguna mungkin memiliki sensor penutup yang buruk.

3. Gunakan monitor eksternal

Hubungkan monitor eksternal jika layar laptop pengguna sepenuhnya hitam. Jika monitor eksternal tidak berfungsi, laptop pengguna mungkin tidak menyala, atau mungkin dalam mode tidur atau hibernasi.

Ilustrasi Laptop (Pexels/Craig Dennis)Ilustrasi Laptop (Pexels/Craig Dennis)

4. Perbarui card driver

Perbarui video card driver. Jika layar laptop tidak sepenuhnya hitam, tetapi pengguna melihat cacat visual, memperbaiki driver yang tidak berfungsi melalui pembaruan mungkin bisa menjadi solusinya.

5. Perbaiki piksel yang mati

Jika pengguna menghadapi satu atau lebih piksel yang macet, pengguna dapat menggunakan aplikasi untuk mencoba melepaskannya. Aplikasi ini biasanya beralih antar warna dengan cepat atau menghasilkan salju digital untuk memaksa piksel yang mati atau macet agar mulai berfungsi kembali.

Itulah beberapa cara yang bisa pengguna lakukan untuk memperbaiki layar laptop yang rusak. Namun jika layar laptop tetap tidak bisa menyala, sebaiknya pengguna melakukan perbaikan di toko resmi.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #memperbaiki #layar #laptop #yang #rusak

KOMENTAR