Utak-atik Desain Aprilia SR GT 200, Siasati Penjualan yang Nggak Laku dengan Livery Replika GP
Trackhouse Racing dalam presentasinya yang secara resmi mengumumkan bergabung ke MotoGP bersama Aprilia Racing, Selasa (5/12). (MotoGP.com)
20:20
29 September 2024

Utak-atik Desain Aprilia SR GT 200, Siasati Penjualan yang Nggak Laku dengan Livery Replika GP

- Coba peruntungan di kategori matic gendut di atas 150 cc, jalan bagi Aprilia yang merupakan bagian dari grup Piaggio Indonesia tampaknya nggak begitu mulus. Sebabnya adalah motor Aprilia SR GT 200 yang penjualannya tidak laku dan kalah jika dibandingkan segmen skuter matic premium sekelasnya.

Sebagai informasi, Aprilia SR GT 200 diposisikan untuk jadi penantang bagi Yamaha XMax dan Honda Forza. Segmen yang ingin digarap sama, yakni kategori matic gendut 200 cc, walau kubikasi Aprilia SR GT 200 sendiri nggak sampai 200 cc.

Over claim jadi penantang Yamaha XMax dan Honda Forza dengan cc 250, Aprilia SR GT 200 yang harganya setara, di atas Rp 60 jutaan bisa dibilang melempem penjualannya. Nggak perlu bicara angka, kehadirannya di jalan raya sudah cukup membuktikan bahwa kinerja penjualan Aprilia SR GT 200 kalah dengan Yamaha XMax dan Honda Forza.

Makanya, dalam upaya mendongkrak penjualannya yang loyo, Piaggio Indonesia beberapa kali melakukan utak-atik desain Aprilia SR GT 200. Terbaru yang diharapkan bisa mengangkat penjualan adalah merilis edisi terbaru replika GP.

Dalam kesempatan penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2024, Aprilia mengadakan acara Aprilia Meet Up IndonesianGP 2024 di Jakarta pada Minggu (29/9). Bersamaan dengan acara tersebut, PT Piaggio Indonesia memperkenalkan koleksi livery terbaru dari lini kendaraan Aprilia, yaitu Aprilia SR-GT 200 Replica.

"Sebagai kompetisi balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP selalu menghadirkan euforia tersendiri di setiap gelarannya, termasuk di GP Mandalika Lombok pada September ini. Oleh karenanya, kami sangat antusias memeriahkannya dengan memperkenalkan koleksi warna terbaru pada Aprilia SR-GT 200 Replica," kata Ayu Hapsari, PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia dalam kesempatan tersebut di Jakarta.

Adapun Aprilia SR-GT Replica hadir dengan sentuhan livery baru berwarna GP Replica 2024. Warna baru tersebut digadang hadir untuk para pengendara yang ingin merasakan sensasi berkendara khas motor balap di setiap perjalanan harian dengan penuh semangat. 

Kesan ini diperkuat dengan desainnya yang mirip livery motor balap Aprilia Racing Factory Team di MotoGP 2024, melalui perpaduan kombinasi warna dasar hitam matte dan grafis ungu yang tegas pada sebagian besar body motor.

Selain menghadirkan showcase Aprilia SR-GT 200 Replica dengan varian warna baru, acara Aprilia Meet Up IndonesianGP 2024 semakin meriah dengan hadirnya para pengendara Aprilia dari berbagai komunitas. 

Para pengendara Aprilia terlihat antusias untuk menyaksikan tim kesayangannya berlaga di lintasan balap, terlebih saat ini kedua pembalap kebanggaan Aprilia Racing, yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, berada dalam top 10 pembalap MotoGP klasemen 2024.

Oh iya, dicek di laman resmi Aprilia Indonesia, harga dasar SR GT 200 masih berada di angka Rp 60 juta. Sementara untuk SR GT 200 Sport berada di angka Rp 64 juta dan SR GT 200 Replica d angka Rp 65,5 juta. 

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #utak #atik #desain #aprilia #siasati #penjualan #yang #nggak #laku #dengan #livery #replika

KOMENTAR