Bagaimana Inovasi Philips UltraEfficient LED Tingkatkan Efisiensi Energi
Philips UltraEfficient LED. (ist)
20:40
23 September 2024

Bagaimana Inovasi Philips UltraEfficient LED Tingkatkan Efisiensi Energi

Signify resmi meluncurkan Philips UltraEfficient LED pada September 2024. Perilisan produk merupakan salah satu bentuk kelanjutan inisiatif Green Switch yang diluncurkan tahun lalu.

Philips UltraEfficient LED diklaim hemat energi serta mendukung ekosistem Internet of Things (IoT). Signify menjelaskan bahwa Philips UltraEfficient LED mampu meningkatkan standar efisiensi energi di industri pencahayaan.

Teknologi ini menghemat energi hingga 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan LED pada umumnya dan dirancang untuk mengurangi emisi CO2 sambil tetap mempertahankan kualitas cahaya.

Dengan masa pakai hingga 100.000 jam, luminer ini 1,5 hingga 3 kali lebih tahan lama dari alternatif LED standar, yang secara signifikan mengurangi limbah dan biaya operasional, klaim perusahaan.

Baca Juga: Honda dan IIT Bergabung, Ciptakan Masa Depan Mobilitas yang Lebih Cerdas

Teknologi UltraEfficient LED menggunakan LED chip dan driver yang dikembangkan sendiri oleh Signify, dengan efikasi hingga 210 lumens per watt.

Philips UltraEfficient LED. (ist)Philips UltraEfficient LED. (ist)

Inisiatif Green Switch mendorong kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan beralih dari pencahayaan konvensional ke pencahayaan LED dan LED terkoneksi.

Acara bertajuk “Flipping the Green Switch: Empowering UltraEfficient LED for a Sustainable Indonesia” berlangsung di Shangri-La Hotel Jakarta pada Kamis (19/9) siang, dibuka oleh Hendra Iswahyudi, Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sebagai pembicara kunci.

Hendra Iswahyudi, Direktur Konservasi EBTKE, Kementerian ESDM, menyatakan, “Kementerian ESDM menjadikan efisiensi energi sebagai salah satu pilar utama dalam menyusun regulasi terkait manajemen energi. Signify sebagai pelopor pencahayaan hemat energi sudah turut berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon terkait pencahayaan di berbagai sektor di antaranya PJU dan bangunan gedung.”

Di akhir sesi diskusi panel, Lea Indra, Ketua AILKI (Asosiasi Industri Luminer & Kelistrikan Indonesia), menyimpulkan bahwa upaya efisiensi energi memainkan peran penting dalam mencapai target emisi nol bersih.

Baca Juga: Gandeng Universitas Airlangga, Huawei Teacher Summit 2024 Gelar Pelatihan TIK Bagi Guru dan Dosen

Maka dari itu, kolaborasi lintas sektor menjadi krusial dalam mewujudkan upaya efisiensi yang berkelanjutan, khususnya dalam menerapkan solusi pencahayaan yang lebih hemat energi, salah satunya dengan menggunakan lampu LED. Beralih ke lampu LED dapat membantu mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih cerah dan berkelanjutan.

Sebagai wujud nyata peran Signify dalam mendukung efisiensi energi di bidang pencahayaan, rangkaian produk Philips UltraEfficient LED kini tersedia untuk instalasi professional.

Beberapa di antaranya adalah lampu jalan RoadFlair Pro UltraEfficient, lampu downlight GreenSpace G6 UltraEfficient, GreenPerform Elite Highbay G2 UltraEfficient, Ultrafficient LED Flood Light, UltraEfficient LED Panel, UltraEfficient LED Strip, dan UltraEfficient LED Batten.

Efisiensi energi Philips UltraEfficient LED dapat semakin optimal jika dikoneksikan dengan sistem pencahayaan Interact. Sebagai informasi, Interact merupakan sistem penerangan Signify berbasis IoT, dikendalikan oleh dasbor berteknologi cerdas yang memberi kemudahan bagi pengguna untuk memonitor dan mengatur titik-titik lampu jarak jauh dan secara real-time.

Bersama dengan inisiatif berkelanjutan Green Switch, Signify berkomitmen untuk melakukan aksi iklim dan mendukung pencapaian target Nol Emisi Karbon Indonesia pada 2060.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #bagaimana #inovasi #philips #ultraefficient #tingkatkan #efisiensi #energi

KOMENTAR