Pertanyaan Sederhana Tapi Nggak Semua Orang Bisa Jawab: Oli Mesin Kendaraan Bisa Kedaluwarsa atau Tidak?
Ilustrasi: Penggantian oli mesin kendaraan. (Performance Honda).
10:08
21 September 2024

Pertanyaan Sederhana Tapi Nggak Semua Orang Bisa Jawab: Oli Mesin Kendaraan Bisa Kedaluwarsa atau Tidak?

Oli merupakan salah satu komponen paling penting dalam tetap menjaga kesehatan suatu mesin. Karena memiliki peran penting dalam melumasi mesin.    Seluruh jenis oli sejatinya memiliki fungsi yang sama. Fungsi tersebut yaitu bertujuan agar mesin dapat berjalan mulus tanpa ada hambatan, serta dijadikan sebagai pendingin dan penyekat.   Oli atau minyak pelumas mesin juga merupakan suatu zat kimia berupa cairan yang digunakan untuk dua benda yang bergerak guna mengurangi gaya gesek atau friksi.  

  Dengan begitu, oli atau pelumas sangatlah berfungsi sebagai pelapis pelindung yang mencegah terjadinya benturan antara logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin. Serta, oli dapat mencegah goresan serta keausan.    Oli sendiri ada banyak jenisnya. Misalnya oli mineral, oli sintetis campuran dan oli full sintetis. Semuanya punya keunggulan dan spesifikasinya masing-masing.   Mau itu sepeda motor ataupun mobil. Sangat perlu dilakukan perawatan setiap waktunya, salah satu perawatan termudah yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengganti oli agar proses pelumasan pada mesin tetap maksimal.  

  Bahkan sangat disarankan seandainya motor atau mobil kalian jarang digunakan, biasakanlah untuk mengganti oli dengan menggunakan hitungan waktu, bukan berdasar jarak tempuh lagi.    Pertanyaan selanjutnya, bisakah oli kedaluwarsa? Seperti makanan, apakah oli atau pelumas ini bisa basi jika tidak laku atau lama belum terjual.   Dilansir dari laman Top1, pelumas mesin yang kemasannya tidak pernah dibuka, memiliki umur yang lebih panjang. Akan tetapi, perlu disimpan pada tempat yang tak terkena paparan sinar matahari secara langsung.  

  Kenapa? Karena sinar matahari dapat menyebabkan oli menguap, sehingga timbullah udara yang membuatnya teroksidasi.   Sebaiknya, konsumen menggunakan oli yang berumur maksimal dua tahun sejak diproduksi. Guna mengetahui waktu produksi oli, setiap pabrikan bakal mencantumkan tanggal produksi tersebut tepat di bagian bawah kemasan.    Selain kode oli, tanggal kedaluarsa juga bisa dijadikan sebagai patokan ketika hendak membeli oli. Jadi jangan sampai telat mengganti oli mesin karena banyak efek yang bisa dihasilkan hingga yang terburuk yaitu turun mesin karena gesekan yang terus terjadi di komponen kendaraan.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #pertanyaan #sederhana #tapi #nggak #semua #orang #bisa #jawab #mesin #kendaraan #bisa #kedaluwarsa #atau #tidak

KOMENTAR