Sayang untuk Dibuang? Simak 7 Alternatif Penggunaan Handphone Lama yang Sudah Tidak Dipakai!
Ilustrasi handphone lama. (Pexels)
11:32
9 September 2024

Sayang untuk Dibuang? Simak 7 Alternatif Penggunaan Handphone Lama yang Sudah Tidak Dipakai!

 

Ketika handphone sudah berusia tua dan performanya tidak sebaik ketika pertama kali dimiliki, seseorang bisa beralih dan membeli handphone baru untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Membeli handphone baru berarti sudah tidak menggunakan lagi handphone lama. Handphone lama yang sudah tidak dipakai ini jadi bingung digunakan untuk apa.

Untuk dibuang begitu saja, handphone tersebut masih bisa berfungsi dan menyala meski performanya tidak maksimal. Untuk diberikan pada orang lain, banyak bahaya yang mengintai atau kamu tidak tega memberikannya.

Hal ini berujung pada handphone lama yang tergeletak begitu saja dan tidak digunakan. Ternyata, ada beberapa hal lain yang bisa kamu gunakan dengan handphone lama yang kamu miliki.

Dikutip dari Reader Digest dan PC Mag, berikut ini merupakan 7 alternatif penggunaan handphone lama yang sudah tidak dipakai:

1. CCTV Tambahan

Alternatif pertama yang bisa kamu lakukan dengan handphone lamamu adalah dengan menggunakannya sebagai CCTV tambahan. Apabila kondisi internet dan kamera handphone kamu masih bagus, kamu bisa memasangnya di tempat yang diinginkan untuk diawasi.

Kamu bisa menyambungkan handphone kamu ke aplikasi khusus kamera keamanan yang bisa menyimpan rekaman aktivitas sehari-hari. Kamu bisa meletakkannya di halaman rumah, atau di bagian dalam rumah untuk merekam kejadian tidak diinginkan.

2. Webcam Laptop

Alternatif selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk handphone lamamu adalah webcam laptop. Bagi kamu yang sering bekerja atau sering mengikuti pertemuan online tentu merasa terganggu apabila kualitas kamera laptop tidak sebagus handphone jaman sekarang.

Apabila handphone lamamu masih memiliki kualitas kamera bagus, kamu bisa menyambungkannya dengan laptop sebagai webcam eksternal. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang menyambungkan antara laptop dengan kamera handphone.

3. Jam dan Alarm

Fitur jam dan alarm yang masih berfungsi dengan baik di handphone bisa jadi tanda bahwa kamu bisa mengubah handphone lama menjadi jam atau alarm. DItempatkan di samping kasur atau tempat tidur, handphone bisa jadi alat yang bagus untuk membangunkanmu.

Kamu bisa menggunakan berbagai suara atau lagu sebagai alarm, lain dengan jam biasa yang hanya bisa mengeluarkan suara sederhana. Lebih jauh, kamu bisa mengunduh aplikasi khusus alarm yang menyediakan berbagai macam bunyi menarik untuk membangunkanmu.

4. Remot Televisi

Permasalahan remot televisi yang sering hilang tentunya merupakan hal yang lazim terjadi dalam sebuah rumah tangga. Selain remot dari televisi, kamu bisa menambah cadangan dengan menggunakan handphone lama sebagai remot televisi.

Ada beberapa merek handphone yang pada dasarnya bisa dihubungkan dengan televisi secara langsung. Namun, kamu juga bisa mengunduh aplikasi khusus yang nantinya menghubungkan handphone kamu dengan televisi yang kamu miliki.

5. Pengawas Bayi

Apabila kamu merupakan pasutri yang memiliki bayi yang masih kecil, alat pengawas bayi tentunya merupakan hal yang diperlukan. Tidak perlu membeli alatnya secara khusus, kamu bisa memanfaatkan handphone lama menjadi pengawas bayi.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi tertentu untuk mengawasi bayi. Nantinya, handphone akan diletakkan di dekat bayi untuk mendeteksi suaranya. Ketika kamu berada di bagian rumah yang lain, kamu tetap bisa tahu dan terhubung dengan bayimu.

6. Untuk Hiburan

Sebagai handphone lama, handphone yang kamu miliki mungkin masih menyimpan aplikasi streaming film atau aplikasi khusus mendengarkan lagu. Tidak usah dihapus, kamu bisa mendedikasikan handphone lama untuk hiburan.

Kamu bisa menonton film, mendengarkan lagu sampai membaca bacaan tanpa khawatir akan ada pesan atau panggilan dari seseorang. Selain menonton dan mendengarkan lagu, kamu juga bisa mengunduh beberapa permainan apabila handphone kamu masih sanggup memainkan permainan tersebut.

7. Berikan ke Anak

Serupa dengan alternatif diatas, kamu bisa menjadikan handphone lama untuk hiburan semata. Bedanya, handphone ini bisa kamu berikan khusus untuk anakmu. Memberi handphone pada anak tentunya merupakan tindakan yang perlu pertimbangan.

Oleh karenanya, kamu bisa memberikan handphone lama yang berisi aplikasi atau tontonan yang sudah kamu atur keamanan untuk anak-anak. Karena tidak ada nomor yang tersambung, kamu tidak perlu takut apabila anakmu menghubungi orang asing yang mencurigakan dengan handphonenya.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa alternatif handphone lama yang sudah tidak dipakai. Tidak harus dibuang atau dijual, kamu bisa memanfaatkan handphone lama untuk tujuan lebih baik dan bermanfaat di rumah.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sayang #untuk #dibuang #simak #alternatif #penggunaanhandphonelama #yang #sudah #tidak #dipakai

KOMENTAR