Menilik Lagi Spesifikasi Toyota Raize yang Digunakan Paus Fransiskus Selama Kunjungan di Papua Nugini, Pesaing Honda WR-V dan Wuling Alvez
Kunjungan Paus Fransiskus di Papua Nugini, terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia, dijemput menggunakan mobil Toyota Raize. (Screenshot Live Facebook SCMP).
15:56
7 September 2024

Menilik Lagi Spesifikasi Toyota Raize yang Digunakan Paus Fransiskus Selama Kunjungan di Papua Nugini, Pesaing Honda WR-V dan Wuling Alvez

- Paus Fransiskus merampungkan lawatannya di Indonesia pada Jumat (6/9). Usai merampungkan agenda di Indonesia antara lain bertemu Presiden Jokowi, bertemu para pemuka agama, dan misa akbar di GBK, Paus Fransiskus langsung terbang ke negara berikutnya, Papua Nugini.

Penerbangan Paus Fransiskus dari Indonesia ke Papua Nugini menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Sesampainya di Papua Nugini, terlihat Paus Fransiskus dijemput di bandara menggunakan mobil yang jelas bukan mobil mewah.

Mobil yang ditumpangi Paus beserta asistennya adalah Toyota Raize. Alhasil, Toyota Raize ini kemudian jadi pembicaraan lagi oleh netizen setelah sebelumnya di Indonesia, Paus Fransiskus menggunakan Toyota Innova Zenix Hybrid.

Toyota Raize jelas bukan merupakan mobil yang istimewa. Sebuah SUV compact lima penumpang yang di Indonesia bersaing langsung dengan Honda WR-V, Wuling Alvez dan beberapa yang setipe lainnya.

Terkait spesifikasinya, Raize memiliki ukuran atau dimensi sebesar 4.030 mm (panjang) x 1.710 mm (lebar) x 1.635 mm (tinggi) dengan jarak sumbu roda atau Wheelbase 2.525 mm. Menyandang tipe SUV, All New Raize memiliki Ground Clearance setinggi 200 mm.

Untuk ukuran orang Eropa seperti Paus Fransiskus dan rombongan pendampingnya, Toyota Raize ini terlihat sangat mungil. Bahkan pada beberapa gambar memperlihatkan bahwa Paus Fransiskus dan pendampingnya seolah kurang longgar di dalam kabin Toyota Raize.

Raize hadir di Indonesia dengan dua varian mesin. Pertama, 1 KR-VET Turbocharged Inline-3 DOHC with VVT-i dengan kubikasi 998 CC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 PS pada 6.000 RPM dan torsi sebesar 14,3 KGM pada 2.400-4.000 RPM.

Kedua adalah mesin berkode WA-VE Naturally Aspirated Inline-3 DOHC with VVT-i dengan kubikasi 1.198 CC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 PS pada 4.500 RPM dan torsi sebesar 11,5 KGM pada 4.500 RPM.

Pilihan mesin yang kedua ini yang digunakan Sri Paus di Papua Nugini. Sebab diketahui, di Papua Nugini, Toyota Raize hanya hadir dengan satu pilihan mesin saja yakni 1.200 cc.

Dari segi fitur keselamatan, mobil ini biasa saja.
Raize menerapkan beberapa fitur keselamatan pada seluruh tipe seperti tersedianya Anti-lock Braking System, Vehicle Stability Control, Alarm + Immobilizer, Rear Parking Camera, serta Rear Parking Sensor.

Namun pada trim termahalnya, Raize terdapat varian yang dilengkapi dengan Toyota Safety Sense atau TSS. Dalam paket fitur TSS terdapat dari Lane Departure Warning & Prevention, Pedal Misoperation Control, Pre-Collision Warning & Braking, Adaptive Cruise Control, dan Front Departure Alert.

Varian (1.0T GR Sport TSS Type) juga dilengkapi dengan Rear Cross Traffic Alert, dan 6 Airbags sehingga akan memberikan proteksi yang maksimal.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #menilik #lagi #spesifikasi #toyota #raize #yang #digunakan #paus #fransiskus #selama #kunjungan #papua #nugini #pesaing #honda #wuling #alvez

KOMENTAR