Fix! Mauresmo Hinoke Tak Jadi Bela Timnas Indoensia Jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Karena Ini
Indra Sjafri memberikan respons tersirat soal masalah naturalisasi Mauresmo Hinoke. (Kolase Dok. PSSI dan Instagram/@mauresmoo)
12:42
17 Agustus 2024

Fix! Mauresmo Hinoke Tak Jadi Bela Timnas Indoensia Jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Karena Ini

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, telah mengonfirmasi bahwa tiga pemain diaspora yang sebelumnya sempat memperkuat skuad Garuda Nusantara di Toulon Cup 2024, tidak akan ikut serta dalam rangkaian uji coba di Korea Selatan.

Keputusan ini diambil dengan pertimbangan matang untuk memaksimalkan persiapan tim menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Tim Henri Victor Geypens, Mauresmo Hinoke Johannes, dan Dion Wilhelmus Eddy Markx, ketiga nama yang sempat menjadi sorotan publik, harus absen dalam laga uji coba melawan tim-tim kuat seperti Korea Selatan, Thailand, dan Argentina.

Pemain Timnas Indonesia, Mauresmo Hinoke yang kecil kemungkinan menyandang status WNI. (Instagram/@hinoke.mauresmo)Pemain Timnas Indonesia, Mauresmo Hinoke yang kecil kemungkinan menyandang status WNI. (Instagram/@hinoke.mauresmo)

Indra Sjafri menjelaskan bahwa keputusan ini diambil untuk memberikan fokus penuh pada persiapan tim inti yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-20.

Baca Juga: Kenapa Shin Tae-yong Berpaling Lagi dari Elkan Baggott? Padahal Ada Fakta Mengejutkan dari 'Si Anak Hilang'

"Tidak bisa, belum bisa (ketiga pemain ikut uji coba di Korea Selatan), karena kami ingin uji coba di Korea Selatan kami manfaatkan dengan benar-benar untuk uji coba kualifikasi Piala Asia U-20 2025," ujar Indra Sjafri kepada awak media saat mengawal latihan timnas U-20 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu.

Indra telah menyodorkan tiga nama pemain diaspora kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk memperkuat timnas Indonesia U-20 menghadapi Piala Asia.

Para pemain tersebut, sebelumnya sempat bergabung membela timnas Indonesia U-20 saat mengikuti Toulon Cup 2024 di Prancis.

Indra mengatakan meskipun para pemain sempat memperkuat Indonesia pada Toulon Cup namun belum bisa kembali membela timnas pada laga uji coba di Korea Selatan pada September.

"Beda dengan Toulon, kita mengakomodir mereka untuk bahan kita evaluasi pemain naturalisasi yang akan kita rekomendasikan ke PSSI. Jadi, makanya waktu Toulon kita memberikan kesempatan, walaupun mereka belum punya paspor Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Ernando Ari Konfirmasi Dipanggil ke Timnas Indonesia, Maarten Paes Belum Tersedia?

Timnas Indonesia U-20 akan melakoni laga antarfederasi di Korea Selatan menghadapi timnas dari Korea Selatan, Thailand, dan Argentina.

Indra menambahkan, pada laga yang dimanfaatkan sebagai sesi uji coba jelang kualifikasi Piala Asia U-20 2025 itu ia akan membawa 30 pemain.

Timnas akan bertolak ke Negeri Ginseng pada Selasa (20/8) malam. Sebelum uji coba, timnas Indonesia akan melakoni laga dengan tim Liga 4 Korea Selatan pada 4 September.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #mauresmo #hinoke #jadi #bela #timnas #indoensia #jelang #kualifikasi #piala #asia #2025 #karena

KOMENTAR