3 Masalah Timnas Voli Putra Indonesia Songsong SEA V League 2024: Ada Pemain yang Sakit
Para pemain Timnas voli putra Indonesia melakukan selebrasi saat melawan Pakistan pada perebutan posisi 7-10 AVC Championship 2023 di Iran, Jumat (25/8/2023). Indonesia kalah 3-2. 
19:40
13 Agustus 2024

3 Masalah Timnas Voli Putra Indonesia Songsong SEA V League 2024: Ada Pemain yang Sakit

- Setidaknya ada tiga masalah yang tengah dirasakan Timnas voli putra Indonesia menyongsong SEA V League 2024 pekan I yang berlangsung di Santa Rosa, Filipina pada 16 hingga 18 Agustus 2024.

Timnas voli putra Indonesia asuhan Li Qiujing, kini tengah menjalani pemusatan latihan di Sentul, Bogor. 

Dalam TC sebelum bertolak ke Filipina, beberapa kendala dihadapi oleh para penggawa voli putra Timnas Indonesia. Yang pertama ialah kelelahan.

Dari 14 pemain Timnas voli putra Indonesia kali ini, bermaterikan gabungan dari tim Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta LavAni Allo Bank, Palembang Bank SumselBabel, dan Jakarta STIN BIN.

Kempat tim ini tampil di babak final four hingga grand final Proliga 2024. Sehingga masalah kelalahan dan waktu recovery menjadi kendala.

Skuad Timnas voli putra Indonesia saat berlaga di Asian Games 2023 lawan Korea Selatan perebutan peringkat 7 Skuad Timnas voli putra Indonesia saat berlaga di Asian Games 2023 lawan Korea Selatan perebutan peringkat 7 (AVC)

Selain itu, masalah kedua ialah mepetnya waktu persiapan. Hal ini sudah menjadi kendala klasik, yang oleh PBVSI belum ditemukan solusinya.

Dan yang terakhir, akibat kelalahan, beberapa penggawa Timnas voli putra Indonesia ada yang tengah mengalami sakit.

"Kami bersyukur pemain sudah berkumpul sudah latihan walaupun masih ada sedikit kendala. Dalam latihan ada yang sakit, tetapi sudah pulih kembali," kata asisten pelatih timnas voli putra Indonesia, Victor Laiyan, dikutip dari BolaSport.

"Intinya, kami dari tim pelatih menyiapkan kebugaran badan karena setelah Proliga kemarin lelah, jadi itu yang utama. Sesudah itu baru kami cari team work-nya."

"Dalam waktu singkat ini kami maksimalkan. Paling tidak mempersiapkan yang terbaik untuk tim ini bermain di Filipina nanti. Itu yang jadi fokus kami sekarang ini terutama di kebugarannya, itu yang penting."

Pada SEA V League 2023, Fahri Septian dan kawan-kawan menjadi juara setelah putaran pertama digelar di Sentul, Bogor dan putaran kedua di Filipina.

"Terkait target, kalau saya liat sekarang ini karena kami dari berbagai macam tim seperti Bhayangkara, Lavani, Bank Sumsel, BIN dengan waktu singkat, kami akan berusaha," ucap Victor.

"Dengan persiapan singkat, kami akan berusaha memberikan yang terbaik, itu harapan kami."

"Calon lawan dari hasil tahun lalu bisa terlita. Kalau sekarang ini belum tahu, pemainnya ditambah atau bagaimana. Pada prinsipnya kami siapkan tim dulu. Kami berperang melawan mereka (lawan)."

"Komposisi pemain tetap lebih banyak senior, pemain junior tidak terlalu banyak. Dengan waktu latihan lima hari, benar-benar kebugaran yang kami perhatikan karena teknik mereka sudah cukup baik," ucap mantan pelatih timnas voli putri pada SEA Games 2009 itu.

Victor lalu menjelaskan bahwa kekompakkan tim sudah baik.

"Nanti di filipina lebih jelas lagi. Kami berusaha untuk itu. Satu kebugaran, lalu kerjasama tim. Kerjasama tim ini sangat penting nanti mempunyai satu tim yang main pertama," tutur Victor.

"Hal ini yang kami cari dan coba terus, Jadi, nanti kami punya satu gambaran pemain yang siap bertanding," terangnya menambahkan.

Daftar 14 Pemain Timnas Voli Putra Indonesia di SEA V League 2024

1. Rendy Tamamilang (Jatim)
2. Yudha Mardiansyah Putra (Jatim)
3. Alfin Daniel Pratama (Jatim)
4. Agil Angga Anggara (Jatim)
5. Kristoforus Sina (Jatim)
6. Fahreza Rakha Abhinaya (Jatim)
7. Farhan Halim (Jabar)
8. Boy Arnez Arabi (Jabar)
9. Hendra Kurniawan (Jabar)
10. Prasojo (Jabar)
11. RD Ahmad Gumilar (Jabar)
12. Dio Zulfikri (DKI)
13. Dawuda Alahimassalam (DKI)
14. Fahri Septian Putratama (DIY)

Ofisial:

1. Li Qiujiang - Pelatih
2. Koko Prasetyo Darkuncoro (DIY) - Ass. Pelatih
3. Anwar Sadat (Jabar) Ass. Pelatih
4. Tarsono (DKI) Pelatih Fisik.

(Tribunnews.com/Giri)(BolaSport/Delia Mustikasari)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #masalah #timnas #voli #putra #indonesia #songsong #league #2024 #pemain #yang #sakit

KOMENTAR