Media Vietnam Bangga Pelatih Korea Selatan Bentrok di Piala AFF 2024, Singgung Shin Tae-yong Tak Pernah Menang
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), mendapatkan fasilitas berupa golden visa yang diberikan secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Official website PSSI/PSSI.org)
12:12
5 Agustus 2024

Media Vietnam Bangga Pelatih Korea Selatan Bentrok di Piala AFF 2024, Singgung Shin Tae-yong Tak Pernah Menang

Media Vietnam membandingkan antara pelatih Timnas vietnam Kim Sang-sik dengan Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Mereka heboh dengan sendiri jika kedua pelatih asal Korea selatan itu akan bentrok di Piala AFF 2024.

Dalam ulasannya, media Vietnam, Soha mengklaim pertandingan kedua tim akan sangat seru.

"Piala AFF mendatang akan menjadi kali pertama dua pemimpin Korea Shin Tae-yong dan pelatih Kim Sang-sik dari tim Vietnam saling berhadapan. Meski tim Anda mengirimkan skuad muda, pertemuan ini tetap menjanjikan akan sangat menarik dan pantas untuk ditunggu," tulis Soha.

Dalam ulasan itu, media itu juga menyinggung Timnas Indonesia belum pernah menang di Piala AFF. Begitu juga rekor Shin Tae-yong tak pernah juara selama mengasuh Timnas Indonesia.

Baca Juga: Beda Formasi, Miliano Jonathans Tetap Bisa Cocok dengan Taktik Shin Tae-yong

"Dulu, sepak bola Indonesia berkali-kali gagal menjuarai Piala AFF. Mereka telah mencapai final 6 kali tetapi belum pernah memenangkan kejuaraan."

"Tahun ini, tim Van Dao sepertinya tidak terlalu mementingkan prestasi di Piala AFF karena masih mengutamakan kualifikasi Piala Dunia," tulis Soha lagi.

Rencana kick-off Piala AFF 2024 direncanakan akan mengalami penundaan. Awalnya, turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara ini dijadwalkan berlangsung mulai 23 November hingga 21 Desember 2024.

Namun, berdasarkan informasi yang beredar, jadwal tersebut akan diundur.

Alasan utama dari penundaan ini adalah untuk menghindari konflik jadwal dengan kompetisi antarklub Asia yang bergengsi, yakni AFC Champions League.

Baca Juga: Ragnar Oratmangoen Cerita Kegilaan Suporter Timnas Indonesia: Mereka Bersorak saat Kami Terjatuh

Seperti diketahui, pada akhir November hingga awal Desember 2024, akan digelar pertandingan-pertandingan krusial di fase grup AFC Champions League.

Beberapa klub dari kawasan ASEAN juga turut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Mengingat pentingnya kompetisi antarklub Asia ini, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) memutuskan untuk menggeser jadwal Piala AFF 2024.

Jika Piala AFF 2024 tetap digelar sesuai jadwal semula, dikhawatirkan klub-klub peserta akan enggan melepas pemainnya untuk membela timnas masing-masing.

Hal ini dikarenakan Piala AFF 2024 tidak termasuk dalam kalender resmi FIFA. Dengan demikian, klub-klub berhak untuk menahan pemainnya.

Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi Timnas Indonesia yang kini berada di bawah asuhan Shin Tae-yong. Timnas Indonesia akan mempunyai waktu banyak untuk mempersiapkan diri.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #media #vietnam #bangga #pelatih #korea #selatan #bentrok #piala #2024 #singgung #shin #yong #pernah #menang

KOMENTAR