Pengamat Harap Timnas Indonesia Naik Level di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Bisa Lampaui Vietnam dan Thailand?
Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye dan bek sayap Nathan Tjoe-A-On. [Dok. Instagram/@timnas.indonesia]
21:54
20 Juli 2024

Pengamat Harap Timnas Indonesia Naik Level di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Bisa Lampaui Vietnam dan Thailand?

Timnas Indonesia diminta benar-benar memanfaatkan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk menaikan level. Pertanyaannya, mampuhkan Garuda melampaui mencapaian Thailand dan Vietnam?

"Sekarang tinggal kita menjadikan putaran ketiga ini sebagai tempat untuk menaikkan level atau kualitas permainan [Timnas] Indonesia," kata pengamat sepak bola, Kesit B Handoyo saat berbincang dengan Suara.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Kesit, putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan menjadi tolok ukur sebreapa jauh skuad Garuda sudah berkembang.

Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong telah berkembang pesat. Sejak juru taktik Korea Selatan itu ditunjuk pada 2019, Merah Putih mencatatkan berbagai pencapaian penting.

Baca Juga: Kapten Timnas Indonesia U-19 Ogah Remehkan Kamboja: Beberapa Pemain Patut Diwaspadai

Meski belum berhasil mempersembahkan trofi, Shin Tae-yong memoles Timnas Indonesia menjadi tim yang tangguh dan sulit dikalahkan.

Peringkat Timnas Indonesia pun terdongkrak dari 179 menjadi 133 dalam Ranking FIFA selama periode empat tahun.

Dalam prosesnya, Shin Tae-yong juga membawa Timnas Indonesia meraih mencapaian yang sebelumnya seperti cuma mimpi yakni meloloskan Timnas Indonesia U-20, U-23 dan senior sekaligus ke Piala Asia.

Shin Tae-yong punya target berbeda dari PSSI untuk round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Dok. PSSI)Shin Tae-yong punya target berbeda dari PSSI untuk round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Dok. PSSI)

Timnas senior berhasil di bawa Shin Tae-yong melangkah hingga babak 16 besar, sementara Timnas U-23 mampu diantar Shin Tae-yong menjadi semifinalis.

Dalam praktiknya, Timnas Indonesia U-23 mengalahkan tim-tim kuat termasuk Australia dan Korea Selatan. Sayangnya, mereka gagal ke Olimpiade 2024 usai kalah di babak playoff dari Guinea U-23.

Baca Juga: 3 Pemain Timnas Indonesia Bisa Diangkut Shin Tae-yong Usai Gancor di Awal Piala AFF U-19 2024, Selayak Apa?

Melihat skuad U-23 dan senior yang beririsan dan hampir sama, Timnas Indonesia jelas punya modal besar untuk meraih hasil bagus diberbagai event ke depan.

Teranyar, STY berhasil membawa Timnas Indonesia untuk kali pertama dalam sejarah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pencapaian itu membuat Garuda kini setara dengan Vietnam dan Thailand yang lebih dulu mencetak sejarah lolos ke putaran ketiga pada edisi Piala Dunia 2018 dan 2022.

Nah, di titik inilah Timnas Indonesia berpeluang untuk melampaui pencapaian Vietnam dan Thailand sekaligus membuktikan diri bisa selevel dengan negara-negara Asia.

Vietnam dan Thailand diketahui babak belur saat tampil di putaran ketiga. Keduanya masing-masing finis di posisi buncit klasemen.

Kesit menyebut tantangan Timnas Indonesia di putaran ketiga sangat berat. Mereka akan berhadapan dengan tim-tim yang mayoritas pernah tampil di Piala Dunia.

"Bisakah kita sejajar atau minimal mendekat tim-tim yang biasa berlaga di Piala Dunia?" kata Kesit.

"Ini akan jadi tolok ukur [level Timnas Indonesia] di kawasan Asia," tambahnya.

Timnas Indonesia tergabung di Grup C pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka satu grup dengan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

Di laga pertama, Timnas Indonesia akan bertandang ke markas Arab Saudi pada 5 September 2024. Sementara lima hari berselang, Garuda akan menjamu Australia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pengamat #harap #timnas #indonesia #naik #level #kualifikasi #piala #dunia #2026 #bisa #lampaui #vietnam #thailand

KOMENTAR