Lha Kok Ngamuk! Gagal Kalahkan Myanmar, Suporter Vietnam Hina Timnas Indonesia
Lha Kok Ngamuk! Gagal Kalahkan Myanmar, Suporter Vietnam Hina Timnas Indonesia [Tangkap layar Instagram]
13:48
19 Juli 2024

Lha Kok Ngamuk! Gagal Kalahkan Myanmar, Suporter Vietnam Hina Timnas Indonesia

Vietnam U-19 harus puas berbagi satu poin pada pertandingan pertama Piala AFF U-19 2024. Melawan Myanmar U-19 di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Kamis (19/7/2024), Vietnam meraih hasil imbang 1-1.

Vietnam bahkan sempat tertinggal terlebih dahulu lewat gol Phyo Pyae Sone pada menit ke-58. Anak asuh Hua Hien Vinh itu baru bisa menyamakan kedudukan lewat gol Hoang Quang Dung menit ke-68.

Hasil imbang di laga perdana Piala AFF U-19 2024 ini rupanya membuat suporter Vietnam geram. Di postingan akun Facebook AFC Asian Cup, sejumlah netizen asal Vietnam menuliskan ketidakpuasan mereka.

Sayangnya dari pantauan Suara.com, Jumat (19/7), netizen Vietnam ini justru menuliskan kata-kata kasar yang ditujukan untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga: Nasib Miris Dua Pemain Keturunan Indonesia: Tak Dilirik Timnas Belanda Padahal Anak Legenda, PSSI Gak Minat?

"Pemain Indonesia itu mempunyai reputasi atas perilaku buruk dari federasi. Pemain mereka kasar, tidak bisa berkembang dan kini hanya mengandalkan pemain naturalisasi," tulis salah satu pengguna Facebook dari Vietnam.

Pertandingan Piala AFF U-19 2024 antara Vietnam U-19 vs Myanmar U-19 berakhir imbang 1-1 [Facebook AFC Asian Cup]Pertandingan Piala AFF U-19 2024 antara Vietnam U-19 vs Myanmar U-19 berakhir imbang 1-1 [Facebook AFC Asian Cup]

Bahkan ada netizen Vietnam yang menuliska komentar dengan nada rasis untuk pemain Timnas Indonesia.

"Indonesia tidak lebih buruk dari Vietnam. Tapi timnas mereka lebih suka bermain-main. Lihatnya orang kulit hitam di sana," tulis suporter Vietnam.

Ada juga netizen Vietnam yang menyoroti fasilitas Stadion Gelora 10 November. Menurutnya, cahaya stadion sangat kurang dan kualitas wasit buruk.

"Pihak penyelenggara harus berikan penjelasan. Cahaya stadion kurang dan kinerja wasit buruk. FIFA harus menyingkirkan wasit seperti itu,"

Baca Juga: Gagal Kalahkan Myanmar di Piala AFF U-19 2024, Vietnam Salahkan Indonesia

Media Vietnam Puji Iqbal Gwijangge

Kemenangan telak Timnas Indonesia U-19 atas Filipina 6-0 di match perdana grup A Piala AFF U-19 2024 jadi sorotan media Vietnam.

Salah satu media Vietnam Bongda dalam ulasannya menyebut kemenangan meyakinkan Timnas Indonesia U-19 bisa jadi mimpi buruk bagi skuat tim nasional mereka.

"Hasil Indonesia U-19 6-0 Filipina U-19: Mimpi buruk Vietnam bersinar," ulas media Vietnam itu seperti dilansir, Rabu (18/7/2024).

Dalam ulasannya, media Vietnam itu kemudian menyoroti perfomance Iqbal Gwijangge yang mencetak brace alias dua gol ke gawang Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Menurut media Vietnam itu, sosok Iqbal ialah mimpi buruk bagi Vietnam dua tahun lalu.

"Bicara soal Iqbal Gwijangge, dia adalah pemain yang tidak bisa dilupakan oleh Cong Phuong, Long Vu, Dinh Hai, Trong Tuan, Quang Kiet di skuad Vietnam U-19, dua tahun lalu. Pemain itu membawa Indonesia ke final,"

Iqbal Gwijangge Saat Berseragam Timnas Indonesia U-19. (Instagram/mhiqbal)Iqbal Gwijangge Saat Berseragam Timnas Indonesia U-19. (Instagram/mhiqbal)

"Iqbal Gwijangge menjadi pemain terbaik di turnamen itu. Sebagai bek tengah, Iqbal memiliki penampilan yang konsisten dan pergerakan yang natural," ungkap Bongda.

Iqbal Gwijangge mencetak dua gol atau brace di babak pertama pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Filipina pada grup A Piala AFF U-19 2024, Rabu (17/7/2024) malam di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur.

Gol pertama Iqbal dicetaknya lewat sundulan. Gol ini berawal dari pergerakan Mufli yang mengelabui pemain Filipina. Umpan crossing Mufli disambar Iqbal Gwijangge dengan sundulan.

Sementara gol keduanya dicetak pada menit ke-42. Gol ini karena penempatan posisi Iqbal yang tepat. Iqbal menyambar bola di mulut gawang hasil sundulan Buffon dari skema umpan silang dari sisi kiri lapangan.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #ngamuk #gagal #kalahkan #myanmar #suporter #vietnam #hina #timnas #indonesia

KOMENTAR