Bung Binder Punya Bocoran Nama Pemain Keturunan yang Dinaturalisasi Jelang Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Siapa?
pengamat sepak bola, Bung Binder (Tangkapan layar youtube Bola Bung Binder)
15:36
18 Juli 2024

Bung Binder Punya Bocoran Nama Pemain Keturunan yang Dinaturalisasi Jelang Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Siapa?

PSSI akan terus mencari pemain naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Nah, Pengamat Sepak Bola Bung Binder punya bocoran sosok baru pemain keturunan Indonesia yang akan menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia. Siapa?

Naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia saat ini tidak sembarangan dilakukan. Kini PSSI fokus naturalisasi pemain muda di usia dini lewat diaspora.

Hal itu dikatakan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

"PSSI masih melakukan (melihat) data base untuk dispora karena kemarin sudah kita minta cari diaspora yang usia dini. Ini nanti akan kita lihat," kata Dito seperti dilihat dalam di dalam tayangan TVone, Senin (15//7/2024) kemarin.

Baca Juga: Timnas Indonesia Pesta Gol ke Gawang Filipina, Arkhan Kaka Harus Gigit Jari

Akun FIFA World Cup pajang foto salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia Thom Haye usai skuad garuda memastikan lolos ke babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. (FIFA)Akun FIFA World Cup pajang foto salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia Thom Haye usai skuad garuda memastikan lolos ke babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. (FIFA)

Sebelumnya, Manajer Timnas Indonesia U-17 dan U-20 Ahmed Zaki Iskandar menjawab kritikan naturalisasi pemain yang dilakukan PSSI dengan jor-joran. Menurutnya, pemain naturalisasi Timnas Indonesia tidak menjadi yang utama di lapangan.

Ahmed Zaki Iskandar mengatakan PSSI membuka peluang untuk pemain diaspora dan keturunan untuk membela Timnas Indonesia dengan syarat harus lewat naturalisasi.

"Pada prinsipnya, federasi (PSSI) membuka ruang seluas-luasnya bagi seluruh pemain dan atlet yang punya potensi. Begitu pemain bola keturunan yang ada di luar," kata Zaki saat berbincang dengan Suara.com.

Saat ini menurut Zaki, timnas Indonesia tengah gencar mencari bibit pemain muda di bawah usia 20 tahun dengan status diaspora atau belum punya kewarganegaraan tetap.

"Saat ini naturalisasi berbasis, memang anak-anak yang berasal dari warga negara RI yang da di luar," jelasnya.

Baca Juga: Fenomena Langka! Timnas Indonesia Punya 'Senjata Rahasia' di Semua Kelompok Umur, Ada Andil Pratama Arhan

Dengan adanya naturalisasi, menurutnya, pemain yang bemain di Liga 1 Indonesia bisa bersaing untuk mendapatkan menit bermain di Timnas Indonesia.

"Ini juga tantangan untuk pemain lokal agar meningkatkan kemampuannya. Memcu individu yang nantinya juga berefek ke tim nasional."

"Bagi pemain diaspora sendiri kalau kemampuannya turun, pasti akan tercoret juga secara mekanismenya juga," kata dia.

Lalu siapa pemain naturalisai baru yang diketahui Bung Binder?

Sayangnya Bung Binder tidak mau membocorkannya.

"Bahkan pemain keturunan mana yang akan dipilih saya sudah mendapatkan informasinya. Tapi tenang saja, ngak perlu saya sebarkan ke platform saja. Saja juga nggak perlu cari nama apalagi carmuk," kata Bung Binder lewat akun Youtubenya.

Bung Binder ingin biarkan PSSI konsentrasi melobi pemain naturalisasi baru itu.

"Biarkan PSSI bekerja," kata Bung Binder.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #bung #binder #punya #bocoran #nama #pemain #keturunan #yang #dinaturalisasi #jelang #ronde #kualifikasi #piala #dunia #2026 #siapa

KOMENTAR